Jumat, 14 Desember 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
North Yungas Road
Jalan Maut Paling Mengerikan di Dunia
Jumat, 8 Juli 2016[1062]
Jalan Maut Paling Mengerikan di Dunia
Planet Oddity

NORTH Yungas Road yang dijuluki “Road of Death” atau “Death Road” merupakan jalan yang penuh batu dan sering tertutup kabut, di pinggir jurang tanpa pengaman di pinggirnya. Lebar jalan yang hanya 3,2 meter, kebanyakan orang gagal melintasi jalanan ini dengan aman.*

KISUTA.com - Hanya orang-orang yang mempunyai nyali besar yang mau melewati North Yungas Road di Bolivia. Bayangkan saja, Anda harus mengemudi di jalan yang berada di pinggir jurang tanpa pengaman di pinggirnya. Saking berbahayanya jalan ini, setiap tahun sekitar 200 sampai 300 orang tewas di jalur ini karena kendaraannya masuk jurang. Mengerikan sekali!

 

North Yungas Road yang dijuluki “Road of Death” atau “Death Road” merupakan jalan yang penuh batu dan sering tertutup kabut. Dilansir oleh Planet Oddity, karena ekstremnya ketinggian “Death Road”, ditambah dengan lebar jalan yang hanya 3,2 meter, kebanyakan orang gagal melintasi jalanan ini dengan aman. Belum lagi jika cuaca berkabut dan angin bertiup kencang, semakin sulit melewati jalan yang terjal dan kadang berlumpur ini.

 

 

Bagi mereka yang nekad mengambil jalan ini, mereka harus mengikuti aturan tidak tertulis jika ingin selamat. Aturan tersebut adalah, pengemudi yang turun harus mengambil sisi luar jalan dan berhenti ketika berpapasan. Aturan ini dibuat agar kendaraan yang melaju cepat dari atas bisa berhenti dan melanjutkan perjalanan dengan lebih aman. Selain itu, pengemudi harus merapat ke sebelah kiri sehingga mereka bisa melihat roda luar dan pembatas jalan dengan lebih jelas, supaya kendaraan tidak terjerumus ke jurang.

 

 

North Yungas Road atau “Death Road” yang dibangun pada tahun 1930 oleh tahanan Paraguay saat Perang Chaco ini, merupakan salah satu rute yang menghubungkan daerah hutan Amazon Bolivia Utara atau Yungas menuju ibukota. Jalan sepanjang 61 sampai 69 kilometer ini menghubungkan La Paz ke Coroico, Bolivia.

 

 

“Death Road” telah melegenda dan dikenal sebagai jalan yang paling berbahaya sedunia. Pada tahun 1995 Inter-American Development Bank menobatkan jalan ini sebagai jalan paling berbahaya di dunia. Tak heran kalau tanda salib dipasang di beberapa tempat berbahaya untuk melengkapi rambu-rambu lalu lintas.

 

Selain North Yungas Road, ada satu lagi jalan mengerikan di Bolivia, South Yungas Road atau dikenal juga dengan nama Chulumani Road. Meskipun tingkat bahayanya di bawah North Yungas Road, namun jalan sepanjang 64 kilometer yang menghubungkan La Paz ke Chulumani ini sama-sama mengerikan.

 

South Yungas Road dibangun pada tahun 1930, juga oleh tahanan Paraguay selama perang Chaco. Jalan ini pertama kali naik hingga 4.650 meter di La Cumbre Pass, kemudian turun ke 1.200 meter di Kota Coroico. Bagaimana, apakah Anda ingin menjajal jalan-jalan mengerikan ini?* Ati - kisuta.com


TAG TERKAIT