Rabu, 19 Juni 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Vas Ganjal Pintu Itu Laku Rp 11 Miliar
Rabu, 13 Juli 2016[453]
Vas Ganjal Pintu Itu Laku Rp 11 Miliar
NET

VAS antik asal China ini terjual dengan harga Rp 11 miliar.*

KISUTA.com - Sebuah vas antik asal China baru-baru ini menjadi pemberitaan di berbagai media. vas dengan corak biru dan putih ini sekilas tampak seperti kerajinan antik biasa, bahkan difungsikan sebagai pengganjal pintu selama bertahun-tahun. Padahal nilainya sangat tinggi. Vas ini terjual dengan harga Rp 11 miliar.

 

Dikabarkan Mirror, pekan lalu, vas tersebut dilelang oleh Hansons, rumah lelang yang berbasis di Derbyshire, Inggris.

 

Vas itu diwarisi oleh satu keluarga di Birmingham, Inggris. Tak mengetahui nilainya, keluarga tersebut menggunakannya sebagai palang pintu. Padahal barang antik tersebut ternyata termasuk peninggalan Dinasti Ming yang paling langka. Vas tersebut diperkirakan berasal dari abad 18.

 

Menurut direktur Hansons, Charles Hanson kemungkinan besar vas itu dibuat antara tahun 1735 dan 1799 untuk istana musim panas Kaisar Qianlong. "Kami telah memastikan segelnya milik Kaisar Qianlong yang memerintah pada abad 18 dan [vas] itu dibuat untuk salah satu istana kekaisaran."

 

Sang pemilik yang tak ingin namanya disebutkan mengaku kalau dia mewarisi vas tersebut dari bibinya yang seorang agen barang antik pada tahun 1980. Sang bibi sendiri mendapatkan barang antik tersebut pada tahun 1920-an. Si pemilik mengkonsultasikan nilai vas tersebut kepada Hansons karena ingin menjualnya. Tak disangka nilainya jauh melebihi perkiraan.

 

Barang antik dari zamaan kekaisaran China memang banyak yang diperdagangkan di Eropa. Tak sedikit dari barang-barang berharga ini yang kemudian raib, tak jelas rimbanya hingga ditemukan kembali bertahun-tahun kemudian. Sayangnya, tak semua masih berada dalam kondisi yang bagus saat ditemukan kembali.* das – kisuta.com


TAG TERKAIT