Jumat, 19 April 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Situ Kemuning
Tempat Indah Membuang Lelah
Minggu, 24 Juli 2016[375]
Tempat Indah Membuang Lelah
Syamsul Bachri/KISUTA.com

JIKA suatu saat Anda jalan atau liburan di Kabupaten Bogor, Ngadem di Situ Kemuning bisa menjadi salah satu tujuan jalan-jalan Anda. Alamnya masih tampak asri dan alami. Begitupun udaranya, masih segar.*

KISUTA.com - Matahari yang terik seolah tak mampu menembus rimbunnya pepohonan yang berjajar memagari Situ Kemuning. Alam Situ Kemuning yang eksotis tetap setia mengeluarkan atmosfer kesegaran.

 

 

Ditemani semangkuk baso dan kelapa dawegan, ngadem di Situ Kemuning terasa begitu romantis. Pohon-pohon yang rindang dan air situ yang tenang, begitu elok memanjakan mata.

 

Jika suatu saat Anda jalan atau liburan di Kabupaten Bogor, Ngadem di Situ Kemuning bisa menjadi salah satu tujuan jalan-jalan Anda. Alamnya masih tampak asri dan alami. Begitupun udaranya, masih segar.

 

Selain pesona keasrian alamnya, Situ Kemuning yang berada di Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor ini, lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau. Tepatnya, pas di pinggir jalan raya Kemuning - Tonjong. Sekitar 30 kilometer jika ditempuh dari Kota Bogor. Tidak jauh dari Kantor Pemda Kabupaten Bogor.

 

Situ Kemuning ini, seperti dituturkan Udin, yang asli penduduk Desa Cimanggis, merupakan situ atau danau yang airnya tak pernah kering, sekalipun di musim kemarau. Airnyapun lumayan bening. Dulu, luasnya sekitar 10 hektare. Sekarang, seiring perkembangan wilayah, mungkin luasnya sudah berkurang.

 

 

”Tapi, meskipun begini kondisinya, Situ Kemuning masih layak dipakai untuk sekadar ngadem dan ngopi. Udaranya masih segar,” katanya.

 

Rasanya kurang lengkap jika ngadem di tempat yang romantis tak ditemani camilan. Nah, meskipun tak banyak, di sekitar Situ Kemuning ini mudah untuk mencari makanan dan minuman. Mau makan berat, warung nasi mudah dicari. Sekadar makanan pengganjal perut, sejenis miebaso bisa dibeli di pinggir situ. Minuman penutupnya paling pas nyeruput air kelapa dawegan yang dicampur sirop dan es batu. Dijamin ngadem akan lebih berkesan.

 

Bagi keluarga yang ingin memanjakan anak-anaknya. Di Situ Kemuning ini tersedia wahana bermain air untuk anak-anak, yaitu becak air. Becak air ini bisa disewa per jam. Tarifnya lumayan bersahabat. Dengan becak air ini, anak-anak bisa leluasa menjajal keindahan Situ kemuning.

 

”Spot” mancing

Pesona Situ Kemuning, ternyata tidak hanya menarik perhatian para penikmat ngadem, para mania mancing pun dibikin ketagihan. Biasanya, untuk hari-hari tertentu, para penikmat mancing ini mengadu peruntungan di Situ Kemuning ini.

 

Selain ikannya, keasrian alam Situ Kemuning membuat para penikmat mancing betah berlama-lama menunggu umpannya di sambar ikan. Biasanya para pemancing bertengger di bawah pohon besar yang rimbun dan teduh. Mereka terlihat sangat menikmati kegemarannya.

 

Sama dengan para penikmat ngadem dan mancing, pembudidaya ikan air tawarpun tertarik dengan kearifan alam Situ Kemuning. Makanya, di beberapa titik tertentu di Situ Kemuning, terlihat keramba-keramba ikan air tawar milik para pembudi daya.

Situ Kemuning memang penuh pesona. Kearifan dan keelokan alammnya mampu menjadi magnet pemikat. Tak sedikit orang yang merindukan kesejukannya dan tak kurang juga yang menggantungkan hidupnya pada Situ Kemuning ini.

 

Situ Kemuning memiliki potensi yang masih bisa dikembangkan untuk menjadi sebuah objek wisata alam. Dan, semoga saja Situ Kemuning tidak senasib dengan situ-situ lainnya yang tergerus terus hilang oleh perkembangan wilayah.* Syamsul Bachri – kisuta.com


TAG TERKAIT