Jumat, 14 Desember 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Pulau Kanawa
Di Sini 'Surga' Itu Tersembunyi
Sabtu, 30 Juli 2016[450]
Di Sini 'Surga' Itu Tersembunyi
NET

KANAWA adalah pulau kecil seluas 28 hektare yang berada di wilayah NTT. Letaknya sekitar 10 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang menjadi pintu masuk ke Pulau Komodo. Waktu tempuh dengan menggunakan kapal motor nelayan sekitar satu jam, sedangkan menggunakan kapal hanya 10 menit.*

KISUTA.com - Berhias alam nan cantik, pantai dan alam bawah lautnya nan memesona, Pulau Kanawa memancarkan keindahan yang tiada taranya. Siapa pun yang pernah menginjak kaki di pulau indah ini, pasti sepakat jika pulau ini dijuluki sebagai “surga” di Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

 

Kanawa adalah pulau kecil seluas 28 hektare yang berada di wilayah NTT. Letaknya sekitar 10 kilometer dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang menjadi pintu masuk ke Pulau Komodo. Waktu tempuh dengan menggunakan kapal motor nelayan sekitar satu jam, sedangkan menggunakan kapal hanya 10 menit.

 

Mempunyai dua pantai berpasir putih dan sebuah teluk tersembunyi, membuat pulau ini layaknya “surga” tersembunyi. Tepat di tengah-tengah pulau menjulang sebuah bukit kecil yang dari puncaknya wisatawan dapat melihat panorama 360 derajat Taman Nasional Komodo, gugus pulau di sekitar, termasuk mengabadikan matahari terbenam.

 

Pulau Kanawa dikelilingi terumbu karang serta hewan laut seperti penyu, ikan pari, hiu karang, dan ikan berwarna-warni yang hidup bersama. Jika dilihat dari udara, Pulau Kanawa yang berada di tengah birunya laut, terlihat berwarna pink, seperti Pink Sand Beach di Kepualauan Bahama. Warna pink berasal dari sisa ganggang merah yang banyak terdapat di sisi kanan pulau ini. Sangat unik sekali.

 

Pulau Kanawa sangat menawan dan sangat kaya dengan keindahan alam bawah lautnya, seperti terumbu karang yang masih alami, coral, school of fish, kura-kura, penyu, mola-mola, bintang laut, dan berbagai jenis anemon laut lainnya. Tak perlu jauh-jauh mencari tempat snorkeling untuk dapat melihat keindahan alam bawah laut ini, Hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai, semua keindahan itu sudah dapat dinikmati.

 

Bahkan, keindahan alam bawah laut ini sudah bisa dinikmati sesaat setelah wisatawan sampai di dermaga. Permukaan air yang jernih memudahkan para wisatawan menyaksikan terumbu karang dan berbagai biota laut lainnya. Ada lagi satu keindahan Pulau Kanawa, yaitu saat sore hari, ketika air laut surut, biota laut sangat mudah dilihat dan disentuh. Wisatawan bisa bermain-main dengan beberapa biota laut seperti bintang laut dan kepiting-kepiting kecil, sangat mengasyikan.

 

Selain menikmati keindahan pantai dan alam bawah laut, ada segudang aktivitas bisa dilakukan di Pulau Kanawa. Wisatawan bisa menghabiskan hari dengan bersantai di atas hammock, berkemah, bermain voli pantai, dipijat di pantai, trekking ke bukit, snorkeling, menyelam, atau menikmati pemandangan langit di malam hari.

 

Jika Anda ingin mengunjungi pulau cantik ini, tak perlu khawatir dengan masalah akomodasi dan juga makan. Di pulau ini sudah ada transportasi laut yang memadai, yang akan mengantarkan Anda dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa dan sebaliknya. Begitu juga dengan masalah penginapan, ada beberapa cottages yang disediakan oleh pengelola resort. Soal makanan, tak perlu khawatir karena ada restoran yang akan memanjakan perut Anda. Harga untuk akomodasi dan makan tidak terlalu mahal, masih terjangkau kantong Anda.

 

Kekurangan dari Pulau Kanawa adalah, listrik dan air bersih masih sangat terbatas. Khusus untuk listrik, Anda justru bisa menikmati keindahan stargazing atau razi bintang.

 

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi “surga” di NTT ini? Pulau Kanawa menanti Anda dengan segala keindahan dan kecantikannya.* Uma – kisuta.com


TAG TERKAIT