Rabu, 19 Juni 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Fenomena Pareidolia
Tanaman-tanaman Ini Mirip Kelamin Manusia
Minggu, 6 Agustus 2017[467]
Tanaman-tanaman Ini Mirip Kelamin Manusia
IST.

FENOMENA pareidolia ternyata juga muncul di dunia tumbuh-tumbuhan. Ada beberapa bentuk dari bunga, buah atau juga bagian dari tumbuhan yang mirip dengan organ-organ vital pria dan wanita.*

KISUTA.com - Jangan dulu berpikiran yang enggak-enggak jika Anda membaca tulisan ini. Tulisan ini mempunyai muatan ilmiah dan sebagai informasi bagi Anda tentang dunia tumbuh-tumbuhan.

 

Anda mungkin pernah mendengar atau membaca kata pareidolia atau bahkan belum pernah mendengar atau membaca sama sekali. Dalam Wikipedia, pareidolia diartikan sebagai fenomena psikologis yang mengibaratkan suatu benda terlihat seperti obyek lain. Kalau Anda belum pernah mendengar atau membaca istilah tersebut, mungkin Anda pernah mengalaminya.

 

Dilansir merdeka.com, banyak kasus-kasus pareidolia yang cukup terkenal dan menghebohkan dunia, contohnya saja penampakan muka di planet Mars. Fenomena pareidolia ternyata juga muncul di dunia tumbuh-tumbuhan. Ada beberapa bentuk dari bunga, buah atau juga bagian dari tumbuhan yang mirip dengan organ-organ vital pria dan wanita.

 

Memang akan ada perdebatan yang mengatakan bahwa bentuk-bentuk tumbuhan tersebut tidak mirip, namun ada pula yang akan mengatakan bahwa memang ada kemiripan dari segi bentuknya secara sekilas. Berikut bentuk-bentuk tumbuhan yang mirip organ intim manusia.

 

1. Echinopsis Lageniformis Monstrose. Tanaman ini masuk dalam keluarga kaktus. Kalau biasanya kaktus banyak ditumbuhi duri, tanaman ini justru hanya sedikit memiliki duri di sekujur tubuhnya. Karena bentuknya yang menyerupai alat vital pria, tumbuhan ini sering disebut sebagai kaktus penis.

 

2. Hydnora Africana. Bunga ini termasuk parasit dan terkenal karena baunya yang busuk. Bau busuk ini berfungsi untuk menarik perhatian serangga supaya masuk dan menjadi mangsa mereka. Ketika dalam keadaan kuncup, bunga ini mirip sekali dengan alat vital wanita. Bunga ini hanya mekar selama 3 hari.

 

3. Poppy. Dari namanya memang tanaman ini lebih terkesan feminin. Namun, tanaman yang memiliki bentuk mirip dengan alat vital wanita ini ternyata masuk dalam kategori tumbuhan karnivora. Tanaman yang dijuluki dengan nama Poppy ini terdapat beberapa macam warna, bentuk dan ukuran.

 

4. Myrtillpcactus Geometrizans. Myrtillocactus geometrizans adalah salah satu dari beragam jenis kaktus di dunia ini. Tanaman ini tergolong langka dan menjadi incaran para kolektor saja. Yang menjadikan Myrtillocactus geometrizans dikatakan memunculkan sisi pareidolia dengan sisi organ manusia adalah benjolan di sekeliling tubuhnya apabila dilihat dan diimajinasikan mirip dengan payudara. Oleh karenanya, nama vernacular Inggris untuk tanaman ini adalah Breast Cactus atau Titty Cactus.

 

5. Loofah. Tanaman ini berasal dari Vietnam. Buah dari Myrtillocactus Geometrizans sangat unik dari segi bentuknya karena dilihat dari bentuknya sangat mirip dengan payudara wanita disertai dengan puting di bagian tengahnya.

 

6. Psilocybe Cubensis. Psilocybe cubensis adalah salah satu jenis jamur yang memiliki senyawa aktif psilocybin dan psilocin. Namun ada salah satu bagian dari keluarga Psilocybe Cubensis ini yang sering digunakan sebagai bahan untuk mabuk, nama kerennya adalah Penis Envy. Tidak diketahui kenapa dan siapa yang menyebut tanaman ini dengan nama berawalan penis. Namun pada saat dewasa, ujung dari jamur ini justru menyerupai kepala penis ditambah lagi dengan batangnya yang tidak kurus melainkan besar.

 

Itulah tanaman-tanaman unik yang merupakan fenomena pareidolia. Jadi, jangan punya pikiran macam-macam ketika melihat foto-foto di tulisan ini.* Uma – kisuta.com


TAG TERKAIT