Jumat, 19 April 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Kuil Karube
Tempat Berharap Payudara Sehat dan Indah
Rabu, 13 Desember 2017[313]
Tempat Berharap Payudara Sehat dan Indah
IST.

KUIL Karube yang dibangun tahun 1678 ini, sampai sekarang masih ramai dikunjungi oleh para wanita.*

KISUTA.com - Setiap daerah mempunyai budaya dan tradisi. Apa yang kita anggap tidak biasa bagi masyarakat di satu daerah, mungkin tidak bagi masyarakat di daerah lain. Apa pun perbedaan yang ada, bukan untuk dikecam bahkan memicu pertikaian, justru harus dihargai dan menjadi ilmu pengetahuan.

 

Begitu juga dengan budaya dan tradisi yang ada di Kota Soja, Okayama, Jepang. Budaya dan tradisi apa? Di kota ini ada kuil bernama Karube yang didedikasikan untuk Chichigamisama, yaitu Dewi Payudara. Bagi masyarakat lain, mungkin terdengar lucu bahkan mungkin juga tabu, ada kuil yang khusus dibuat untuk payudara wanita.

 

Namun, bagi masyarakat setempat kuil ini merupakan tempat yang benar-benar suci dan mereka mempercayai bahwa Dewi Payudara dapat membantu kelahiran anak, meningkatkan produksi ASI, dan mengobati kanker payudara. Kuil yang dibangun tahun 1678 ini, sampai sekarang masih ramai dikunjungi oleh para wanita.

 

Dari luar, kuil tidak terlihat istimewa. Dibuat dari kayu, kuil ini nyaris rumah-rumah tradisional masyarakat Jepang. Yang menarik, di dalam kuil ada banyak “payudara” yang menempel di dinding. Bukan payudara sungguhan, tetapi replika payudara berupa dua benjolan putih dengan titik berwarna merah di tengahnya yang diletakkan pada papan bernama “Ema”.

 

Setiap wanita yang mengunjungi kuil ini, akan menuliskan pada “Ema” tentang pengharapan dan doa-doa kepada Dewi Payudara . Selain meminta kesehatan, ASI yang berkualitas dan lancar, ada juga permintaan-permintaan konyol seperti ingin payudaranya besar.

 

Tak hanya bisa menuliskan permohonan, papan “Ema” juga bisa dibeli untuk buah tangan. Harga Ema sekitar 1.960 Yen atau Rp 200 ribu, bisa lebih mahal jika ukurannya lebih besar. * Ati - kisuta.com


TAG TERKAIT