Jumat, 19 April 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Candi Jiwa
Tempat Indah Mengagumi Sejarah
Minggu, 17 Desember 2017[354]
Tempat Indah Mengagumi Sejarah
IST.

SITUS Candi Jiwa ini berukuran 19 x 19 meter dan tinggi 4,7 meter dari permukaan sawah. Candi yang berupa tumpukan bata merah besar ini, diperkirakan sebagai tempat pemujaan ketika jaman Kerajaan Tarumanagara.*

KISUTA.com - Tumpukan bata merah besar yang tersusun indah dan bernilai seni tinggi, tampak elok dan anggun bertengger di tengah persawah­an di Desa Segaran, Kabupaten Karawang, yang sedang menghijau. Hamparan persawahan Desa Segaran jadi tampak terlihat lebih eksotik.

 

Sejauh mata memandang, hamparan persawahan yang menghijau terlihat bak permadani alam. Candi Jiwa pun terlihat lebih anggun berdiri tegak di tengah hamparan permadani alam. Begitu elok memanjakan mata. Langit yang tampak cerah membiru, dihiasi awan putih berarak, terlihat begitu harmonis menaungi Candi Jiwa dan hamparan sawah yang sedang menghijau. Sesekali terlihat burung-burung sawah melayang-layang di udara, seolah sedang menikmati romantisme alam Desa Segaran. Indah nian alam Jawa Barat.

 

Desa Wisata Andalan Keindahan Candi Jiwa, yang tepatnya berada di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tak akan kalah menarik dibandingkan dengan objek wisata sejarah lainnya, khususnya sejarah percandian.

 

Betapa tidak, di Desa Segaran saja ada sekitar tujuh belas situs peninggalan sejarah dari Kerajaan Tarumanagara ini, antara lain, Situs Candi Jiwa, Candi Lempeng, Candi Belandongan, Candi Damar, Situs Kolam, Segaran I Batu Lingga, hingga Segaran IX. Nah, dari sebanyak situs yang telah ditemukan di Desa Segaran ini, baru Situs Candi Jiwa yang bisa dikunjungi wisatawan.

 

Sementara situs-situs yang berada di Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya Telukbuyung, Kabupaten Karawang, ada sekitar 26 situs, di antaranya Situs Candi Serut, Candi Lingga, Candi Asem, Candi Selender, Candi Gundul, Situs Telukbuyung I, Telukbuyung II, dan Telukbuyung III.

 

Oh ya, Situs Candi Jiwa ini berukuran 19 x 19 meter dan tinggi 4,7 meter dari permukaan sawah. Candi yang berupa tumpukan bata merah besar ini, diperkirakan sebagai tempat pemujaan ketika jaman Kerajaan Tarumanagara.

 

Jika dikelola maksimal, bukan hal yang mustahil jika Candi Jiwa dan candi-candi lainnya yang berada di Kompleks Percandian Batujaya ini --sekitar 50 kilometer dari Kota Karawang-- akan menjelma menjadi objek wisata sejarah yang menakjubkan, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa Segaran dan Desa Telagajaya pun, bisa menjelma menjadi desa wisata andalan Kabupaten Karawang. Bisa! Pasti bisa.

 

Wisata Sejarah

Situs Candi Jiwa ini memang layak untuk dikunjungi, terutama oleh para pelajar. Selain berwisata, pengunjung pun bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah percandian di Indonesia. Insyaallah, dengan berwisata ke Situs Candi Jiwa ini, wawasan pelajar mengenai sejarah percandian akan bertambah, khususnya percandian yang ada di tanah Jawa Barat.

 

Memang, Situs Candi Jiwa bisa dikatakan kurang gereget sebagai sebuah objek wisata, apalagi jika diban­dingkan dengan kawasan objek wisata sekelas Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Fasilitas pendukungnya belum tersedia, apalagi yang namanya infrastruktur. Yang ada hanya jalan beton yang membelah persawahan, sebagai penghubung antara jalan desa dengan lokasi Candi Jiwa.

 

Selain itu, di lokasi sekitar Situs Candi Jiwa pun masih sangat gersang. Hanya ada beberapa pohon peneduh yang belum besar. Makanya, jika berwisata saat siang hari, teriknya mentari akan sangat terasa hingga ke ubun-ubun. Panas menyengat. Maklum lokasinya pas di tengah-tengah persawahan.

 

Oleh karena itu, jika berkunjung ke Situs Candi Jiwa pada siang hari, pakailah topi dan kacamata hitam. Tapi, jika ingin lebih aman dari sengatan sinar matahari, bawalah payung yang lebih lebar.

 

Karena fasilitas Situs Candi Jiwa masih apa adanya, jangan harap Anda bisa menemukan rumah makan atau toko yang menjual aneka makanan dan minuman di sekitar lokasi Candi Jiwa. Dengan demikian, jika suatu saat Anda berminat main ke Situs Candi Jiwa, bawalah perbekalan yang cukup, terutama makanan dan minuman.

 

Meskipun kurang gereget, wisata ke Situs Candi Jiwa akan berkesan dan membuat Anda takjub akan kebesaran sejarah percandian di Jawa Barat. Itu baru melihat satu Candi saja. Pasti lain ceritanya, jika kelak kita bisa melihat semua situs yang berada di satu kawasan Kompleks Percandian Batujaya. Bisa jadi nama Desa Segaran dan Telagajaya mendunia.* Syamsul Bachri - kisuta.com


TAG TERKAIT