Jumat, 19 April 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Pulau Bira
Elok Kemilau di Antara Seribu Pulau
Sabtu, 30 Desember 2017[383]
Elok Kemilau di Antara Seribu Pulau
IST.

PULAU Bira bisa menjadi alternatif masyarakat Kota Jakarta yang ingin mengisi liburan dengan berwisata bahari, namun tidak ingin jauh-jauh dari ibu kota.Bagi pecinta pantai, pulau ini sangat memanjakan mata karena pengunjung akan disambut oleh pantai yang bersih dan indah.*

KISUTA.com - Pulau Seribu mempunyai pulau-pulau yang indah, salah satunya Pulau Bira. Jangan terkecoh dengan Tanjung Bira yang ada di Sulawesi Selatan. Namanya memang sama-sama Bira.

 

Pulau Bira bisa menjadi alternatif masyarakat Kota Jakarta yang ingin mengisi liburan dengan berwisata bahari, namun tidak ingin jauh-jauh dari ibu kota. Selain dekat, biaya berwisata ke Pulau Bira juga tidak terlalu mahal. Bagi pecinta pantai, pulau ini sangat memanjakan mata karena pengunjung akan disambut oleh pantai yang bersih dan indah.

 

Pulau Bira bertetangga dengan banyak pulau lain, seperti Pulau Pasir, Pulau Bintang, dan Pulau Dolphin yang memiliki pasir sangat halus bagaikan tepung. Keindahan alam bawah laut sekitar Pulau Bira pun tidak perlu diragukan lagi. Indah luar biasa. Banyak spot snorkeling yang memiliki karang hidup dan berbagai jenis ikan laut berwarna-warni. Karang-karang indah dan ikan-ikan lucu itulah yang selalu setia menjadi teman kita saat melarikan diri dari kehidupan Jakarta.

Meskipun menyimpan keindahan, keberadaan Pulau Bira tidak cukup menonjol dibandingkan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu yang sering dikunjungi. Pamor pulau ini kalah dibandingkan dengan Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Bidadari atau Pulau Sepa. Padahal pada masa lalu Pulau Bira merupakan pulau yang luar biasa mewah dan indah. Di pulau ini ada lapangan golf, cottage mewah di pantai dan daratan, serta fasilitas helipad. Semua bukti kejayaan Pula Bira di masa lalu, masih bisa dilihat saat ini.

 

Pula Bira ada dua, yaitu Pulai Bira Kecil dan Pulau Bira Besar. Letaknya berdekatan, untuk mencapainya bisa menggunakan boat atau kapal. Dibandingkan dengan Pulau Bira Kecil, Pulau Bira Besar lebih banyak dikunjungi.

 

Pulau Bira Besar memiliki pantai dengan pasir putih dan lembut, pantainya landai menjorok ke laut dengan airnya yang bening, pastinya sangat menggoda setiap pengunjung untuk segera nyebur dan bermain di pantainya. Namun perlu berhati-hati karena cukup banyak karang atau koral, baik yang hidup maupun yang sudah mati yang bisa melukai. Jadi jika ingin bermain di laut sekitar pulau paling tepat adalah sambil snorkeling atau juga diving.

 

Pula Bira Besar tidak berpenduduk. Pengunjung akan diantar oleh penduduk pulau-pulau terdekat, seperti Pulau Harapan. Walaupun fasilitasnya sangat minim, keindahan pulau ini tetap menjadi daya tarik tersendiri. Ada kedamaian saat melihat matahari yang muncul dengan perlahan dari ufuk timur. Melihat pasir putih memanjang dengan pohon-pohon rindang yang menaunginya. Menikmati laut dan langitnya yang biru bening . Tak ketinggalan melihat keindahan koral dan mahluk-mahluk laut di sekitar pulau.

 

Bagi Anda yang berminat mengunjungi Pulau Bira, bisa menggunakan kapal kayu dengan rute Muara Angke – Pulau Pramuka, dilanjutkan dengan menyewa kapal nelayan untuk mengantar jemput ke Pulau Bira. Atau bisa juga dengan rute Muara Angke – Pulau Harapan/Pulau Kelapa, dilanjutkan dengan kapal sewaan ke Pulau Bira.

 

Posisi Pulau Bira memang agak jauh di bagian utara Kepulauan Seribu. Dulu ada kapal dari Muara Angke yang melayani rute ke Pulau Bira, tapi sekarang sudah tidak ada.* Ati - kisuta.com


TAG TERKAIT