Rabu, 19 Juni 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CernaUnik Menarik
Terjawab Sudah Teka-teki Lebih Dulu Mana Ayam dan Telur , Ternyata...
Senin, 1 Januari 2018[379]

KISUTA.com - Selama ini, perdebatan siapa yang ada lebih dulu antara telur dan ayam, menjadi teka-teki yang sangat sulit dipecahkan. Belum ada kesimpulan yang bisa menjelaskan, apakah ayam atau telur yang lebih dulu ada.

 

Namun, teka-teki tersebut sekarang sudah terjawab. Adalah tim dari Universitas Sheffield dan Warwick yang tanpa sengaja menemukan jawabannya. Universitas yang berada di Inggris ini menemukan bahwa ayamlah yang ada lebih dulu, bukan telur.

 

Dikabarkan The Sun, penemuan itu diperoleh melalui komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).

 

"Apa yang kami temukan adalah 'kecelakaan' yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur," ungkap salah seorang peneliti.

 

Menurutnya, selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukkan para ayam dalam proses pembuatan telur. "Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia."

 

Cangkang telur, lanjutnya, meskipun beratnya sangat ringan, namun ternyata memiliki kekuatan sangat luar biasa. Manusia tak bisa membuat benda seperti cangkang telur, bahkan sekadar mendekatinya sekalipun.

 

Diungkapkannya, penelitian awalnya ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk dengan menggunakan HECToR. "Kami ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis," katanya.

 

Pertama yang diteliti adalah, mengetahui bahan-bahan yang membentuk cangkang telur. Menggunakan HECToR , penelitian dilakukan selama berminggu-minggu. “Ayam bisa menyusun cangkang itu hanya dalam semalam," katanya.

 

Secara kebetulan, penelitian cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja. Para peneliti memilih telur ayam karena proteinnya sederhana untuk ditelaah. Namun hasilnya ternyata sangat mengejutkan. "Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa. Ini mengagumkan."

 

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah “tukang bangunan” tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

 

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain. Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. "Itu berati ayam ada duluan sebelum telur." Bagaimana, masih penasaran mana yang lebih dulu, ayam atau telur?* Uma – kisuta.com


TAG TERKAIT