Rabu, 21 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Dracula Simia
Monyet dalam Kelopak Bunga Anggrek
Senin, 8 Januari 2018[299]
Monyet dalam Kelopak Bunga Anggrek
The Featured Creature

DRACULA Simia merupakan spesies baru bunga anggrek. Nama Dracula karena tumbuhan ini memiliki kelopak bunga yang panjang, mirip seperti taring drakula. Sedangkan Simia memiliki arti monyet, diambil dari mahkota bunga yang mirip seperti wajah monyet.*

KISUTA.com - Anggrek merupakan salah satu bunga yang tumbuh hampir di seluruh dunia. Keindahan anggrek tak hanya terletak pada warnanya yang beraneka, tetapi juga pada bentuk dan motifnya.

 

Umumnya motif bunga anggrek berbentuk garis dan totol-totol. Sedangkan warnanya sangat beragam, mulai putih, merah, kuning, hijau, biru, ungu sampai hitam. Lengkap, semua warna ada. Bahkan ada beberapa bunga anggrek yang merupakan perpaduan beraneka warna, seperti ungu dan putih, kuning dan putih, coklat dan kuning, dan banyak lagi.

 

Di antara sekian banyak spesies anggrek, ada satu spesies yang unik, yaitu Dracula Simia. Anggrek ini tak hanya unik, namun juga langka karena bentuknya menyerupai wajah monyet yang sedang menyeringai. Bagian yang mirip wajah monyet ini berasal dari organ reproduksi tanaman. Tak hanya menyerupai satu spesies monyet, tetapi beberapa spesies monyet.

 

Situs The Featured Creature menyebutkan bahwa Dracula Simia merupakan spesies baru bunga anggrek. Nama Dracula karena tumbuhan ini memiliki kelopak bunga yang panjang, mirip seperti taring drakula. Sedangkan Simia memiliki arti monyet, diambil dari mahkota bunga yang mirip seperti wajah monyet.

 

Dracula Simia yang memiliki aroma seperti jeruk ini, ditemukan hidup di daerah pegunungan Ekuador, Kolombia, dan Peru pada ketinggian sekitar 1.000 sampai 2.000 meter di atas permukaan laut (dpl).

 

Meskipun termasuk spesies baru, namun beberapa kolektor sudah memiliknya. Bunga yang hanya dapat tumbuh di cuaca lembab ini, ternyata oleh para kolektor tersebut berhasil ditanam di kebun. Penasaran? Coba lihat beberapa foto di tulisan ini.* Ati - kisuta.com


TAG TERKAIT