Sabtu, 17 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Danau Polkadot
Indah Dipandang dan Menyembuhkan
Selasa, 16 Januari 2018[371]
Indah Dipandang dan Menyembuhkan
IST.

DANAU Kliluk disebut juga danau polkadot. Pilkadot atau bulatan-bulatan yang ada di Danau Kliluk terbentuk secara alami, bukan buatan manusia. Bulatan-bulatan tersebut terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan.*

KISUTA.com - Ketika melihat foto Danau Kliluk di Osoyoos, British Columbia, Kanada, pasti Anda langsung tersenyum karena melihat bulatan-bulatan yang ada di kawasan danau. Bukan hanya warnanya yang berwarna warni, tapi juga karena bentuknya yang menyerupai polkadot.

 

Ternyata oleh masyarakat setempat, Danau Kliluk memang disebut danau polkadot atau mereka menyebutnya spotted lake. Bulatan-bulatan atau kubangan yang ada di Danau Kliluk terbentuk secara alami, bukan buatan manusia. Bulatan-bulatan tersebut terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan. Garam-garam tersebut akhirnya menumpuk hingga akhirnya membentuk lingaran dengan air danau di bagian tengahnya. Uniknya, bulatan-bulatan itu tak hanya satu, tetapi memenuhi seluruh permukaan danau dengan ukuran yang berbeda.

 

Danau Kliluk, seperti informasi yang diperoleh kisuta.com dari berbagai sumber, memiliki kandungan beberapa jenis mineral yang sangat tinggi, di antaranya magnesium sulfat, natrium sulfat, kalsium, 8 mineral lainnya serta empat unsur lain seperti perak dan titanium dengan kandungan rendah.

 

Selama musim panas atau selama bulan Juli sampai September, air di danau ini menguap dan membentuk kubangan-kubangan mineral. Setiap kubungan yang terbentuk akan memunculkan warna putih, kuning pucat, hijau atau biru, tergantung pada komposisi mineral yang tersisa. Kubangan-kubangan yang mengandung magnesium sulfat akan mengkristal dan mengeras secara alami di musim tersebut. Mineral dari danau ini dulu pernah dipanen ke pabrik-pabrik amunisi di Kanada timur untuk pembuatan amunisi.

 

Selain warnanya yang unik ,air danau ini juga berguna untuk pengobatan karena kandungan mineralnya yang sangat tinggi. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang, selain ingin menikmati keindahan bentuk dan warna air danau, juga ingin menyembuhkan penyakit. Khasiat air Danau Kliluk sudah dibuktikan oleh penduduk asli Lembah Okanagan yang hidup di sekitar danau. Penduduk yang menjadikan danau ini sebagai situs sucinya, menggunakan lumpur dan air danau untuk menyembuhkan banyak penyakit.* Ati - kisuta.com


TAG TERKAIT