Rabu, 21 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Green Bank, Kota Tersunyi di Bumi
Sabtu, 10 Maret 2018[296]
Green Bank, Kota Tersunyi di Bumi
IST.

GREEN Bank merupakan rumah bagi Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT) yang dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. Itu alasannya, mengapa tempat ini tidak boleh ada gelombang elektromagnetik selain GBT.*

KISUTA.com - Apakah Anda pernah membayangkan, di dunia ini ada tempat yang bebas telepon seluler (ponsel), radio, dan televisi? Jika tak terbayangkan, kisuta.com akan memberitahu bahwa tempat itu ada.

 

Dikutip dari berbagai sumber, tempat bebas ponsel, radio, dan televisi itu berada di Amerika Serikat. Bernama Green Bank di Pocahontas County, Virginia Barat, tempat ini menjadi yang paling tenang di dunia.

 

Namun Anda jangan salah menduga dan menganggap Green Bank sebagai daerah terpencil yang jauh dari peradaban manusia. Green Bank justru salah satu pusat teknologi. Ya, di tempat ini terdapat teleskop radio terbesar di dunia yang dikendalikan sepenuhnya di bumi.

 

Green Bank merupakan rumah bagi Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT) yang dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. Itu alasannya, mengapa tempat ini tidak boleh ada gelombang elektromatik selain GBT. Teleskop radio bekerja dengan mendeteksi gelombang elektromagnetik yang datang dari galaksi. Sinyal itu begitu samar, sehingga emisi sekecil apa pun yang berasal dari gelombang radio atau dari gadget elektronik dapat mengganggu kerja alat tersebut.

 

Untuk alasan itu, ponsel, Wi-Fi, radio dan perangkat komunikasi lainnya dilarang di sini. Hampir semua jenis transmisi radio dan perangkat elektronik dilarang di sini. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan kerja Green Bank Radio Telescopes, sehingga mesin itu dapat bekerja tanpa gangguan. Bahkan, mobil yang menggunakan bahan bakar bensin tidak diperbolehkan untuk memasuki kota ini, karena mesin berbahan bakar bensin menggunakan busi untuk membakar campuran bahan bakar- udara, dan bunga api listrik dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

 

Zona bebas perangkat elektronik di sekitar Green Bank sejauh kurang lebih 13.000 mil persegi. Wilayah tersebut dinamakan National Radio Quiet Zone, dan terletak di sekitar pedesaan yang jarang dihuni yang melintasi perbatasan Virginia Barat, Virginia, dan Maryland.

 

Meski tampaknya mustahil hidup tanpa teknologi, namun ada 140 orang yang betah tinggal di kota ini. Jika mereka ingin berbicara dengan seseorang yang berada di luar kota, ada telepon umum yang disediakan untuk mereka.

 

Hidup di bawah bayang-bayang teleskop raksasa, beberapa warga bahkan tidak menyadari perkembangan teknologi di tempat lain.

 

"Kami tidak menyadari bahwa seluruh dunia ini semakin terhubung dan tetap terhubung terus-menerus, melalui telepon dan komputer dan semua itu (gadget). Jadi kami agak kuno, kami belum berkembang, " kata penyiar radio Caleb Diller, yang dibesarkan di Pocahontas County, kepada NPR.

 

Meskipun kuno, namun ada juga orang yang memutuskan untuk tinggal di Green Bank. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, trennya meningkat. Mereka yang memutuskan pindah dan tinggal di tempat ini, umumnya menderita hipersensitivitas elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik menyebabkan mereka pusing, mual, ruam, dan denyut jantung meningkat.

 

Diane Schou, salah satu orang yang memutuskan tinggal di Green Bank bersama suaminya pada tahun 2007. "Hidup terasa tidak sempurna di sini. Tidak ada toko, tidak ada restoran, tidak ada rumah sakit terdekat. Tapi di sini, setidaknya, saya sehat. Saya bisa melakukan banyak hal. Saya tidak perlu tinggal di tempat tidur karena sakit kepala yang saya rasakan sepanjang waktu,” ungkap penderita hipersensitivitas elektromagnetik ini.* Uma – kisuta.com


TAG TERKAIT