Sabtu, 17 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Diet Semangka, Cara Nikmat Menurunkan Berat Badan
Minggu, 2 September 2018[110]

KISUTA.com - Semangka (Citrullus lanatus) merupakan buah-buahan asal Afrika yang mudah dibudidayakan dan dijumpai di Indonesia. Buah ini masih satu kerabat dengan melon, mentimun, dan labu-labuan. Sama seperti kerabatnya, semangka kaya akan kandungan air sehingga cocok dikonsumsi di daerah tropis yang suhu udaranya cenderung panas.

 

Daging buah semangka dapat dinikmati secara langsung maupun dibuat jus, sementara bijinya sering diolah menjadi kuaci. Kulitnya pun sebenarnya dapat dikonsumsi menjadi acar maupun kripik. Tak hanya menjanjikan kesegaran dan rasa yang nikmat, semangka juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah tinggi dibandingkan buah lain. Tak heran, semangka termasuk salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

 

Satu buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 6 persen gula. Semangka mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol adalah vitamin C. Selain itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, kalium, dan magnesium.

 

Seperti buah berwarna merah lainnya, semangka pun mengandung pigmen warna karotenoid dalam jumlah besar. Yang paling menonjol adalah likopen dan beta karoten. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kandungan karotenoid dan anti oksidan polifenol lainnya akan semakin meningkat saat semangka masak.

 

Buah semangka dengan kandungan gizi dan nutrisinya sangat baik bagi mereka yang diet. Saat ini sedang nge-tren diet semangka untuk menurunkan berat badan dengan singkat. Menjalankan diet ini, dalam seminggu berat badan bisa turun sampai 1,5 kg.

 

Dilansir e-health101.com, diet semangka juga bisa membantu membersihkan tubuh lewat detoksifikasi dan kaya akan zat yang membantu diet Anda. Berikut diet semangka yang bisa Anda coba. Diet dilaksanakan selama 13 hari dalam dua tahap.

 

Tahapan 1 - Tahap pertama disebut juga dengan mono diet. Selama tiga hari Anda diharuskan makan semangka dan tak boleh mengonsumsi makanan lain. Ini harus dilakukan untuk membersihkan semua zat yang tak berguna dalam tubuh.

 

Tahapan 2 - Selanjutnya Anda sudah boleh mengonsumsi makanan lain dan menjadikan semangka sebagai snack. Lakukan ini selama 6-10 hari sampai Anda merasakan manfaat diet semangka ini.

 

Diet semangka ini sangat aman bagi yang tidak bermasalah dengan pencernaan atau masalah kesehatan lainnya. Jika Anda menjalani olahraga, ada baiknya untuk melakukan yang ringan-ringan saja, karena semangka hanya memberikan sedikit kalori saja untuk tubuh Anda.* Ki Suta – kisuta.com


TAG TERKAIT