Rabu, 21 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Atasi Obesitas dengan Tomat Hijau
Minggu, 9 September 2018[189]
Atasi Obesitas dengan Tomat Hijau
IST.

SELAIN bisa membuat masakan menjadi lebih bercita rasa, ternyata tomat hijau juga memiliki khasiat untuk mengatasi obesitas.*

KISUTA.com - Tomat hijau banyak ditemukan di beberapa masakan khas Indonesia. Rasanya yang segar membuat tomat hijau mampu memberikan cita rasa terhadap masakan.

 

Selain bisa membuat masakan menjadi lebih bercita rasa, ternyata tomat hijau juga memiliki khasiat untuk otot. Dikutip dari prevention.com, para peneliti Universitas Iowa telah menemukan kandungan tomatidine dalam tomat hijau yang bisa merangsang pertumbuhan sel-sel otot dengan cara mempercepat ekspresi gen.

 

Selain bisa merangsang pertumbuhan otot, ternyata kandungan tomatidine juga bisa meningkatkan kekuatan tubuh. Manfaat paling nyata adalah mencegah dan mengatasi berkurangnya massa otot akibat faktor usia.

 

Menurut ketua peneliti, Christopher Adams, meskipun terjadi pembesaran otot, namun secara keseluruhan berat badan tidak berubah meski lemak hilang. "Berkurangnya lemak adalah manfaat positif dari meningkatnya massa otot," kata Christopher Adams.

 

Temuan ini meningkatkan harapan akan ditemukannya terapi untuk mengatasi obesitas dan juga berkurangnya massa otot akibat usia yang disebut dengan sarkopenia. Sarkopenia akan mengurangi kekuatan dan ketahanan, mengganggu aktivitas dan kualitas hidup. “Kondisi ini juga bisa memicu jatuh dan tulang retak. Sayangnya saat ini belum ada cara efektif untuk mencegah sarkopenia," katanya.

 

Meski begitu, para peneliti masih akan mengembangkannya agar tomat hijau bisa lebih efektif sebagai obat. Saat ini belum jelas berapa banyak tomat hijau harus dikonsumsi untuk mendapatkan hasil yang baik dalam mengatasi obesitas.* Ki Suta – kisuta.com

 


TAG TERKAIT