Sabtu, 17 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Atasi Sakit Maag dengan Kacang Hijau
Jumat, 14 September 2018[129]

KISUTA.com - Sakit maag merupakan sakit akibat terlalu banyaknya asam lambung. Apabila kita terserang sakit maag maka perut akan terasa perih seperti diremas-remas, melilit, mual, mau muntah, dan semua itu dikarenakan adanya peradangan pada lambung.

 

Pada tahapan yang masih ringan, hanya terasa bahwa asam lambung terlalu berlebihan. Kalau ini terus dibiarkan bisa terjadi tukak lambung yang menyebabkan rasa perih di perut. Pada tahap kronis, ada kanker lambung yang disebabkan bakteri helycobarterpylori.

 

Sakit maag bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya karena makan tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi makanan berjenis asam, ada bakteri yang merugikan di dalam perut, juga bisa disebabkan karena stress.

 

Sakit maag adalah jenis penyakit kambuhan yang akan datang lagi apabila pola makan tidak teratur, atau makan sesuatu yang menimbulkan penyakit itu kambuh.

 

Jika Anda sudah mengalami sakit maag, usahakan mengatur pola makan. Makanlah secara teratur dengan jumlah sedang, tidak berlebihan. Anda pun bisa mengatasinya dengan ramuan herbal berikut ini apabila maag datang mengganggu.

 

Siapkan 1/4 kg kacang hijau. Cuci bersih lalu keringkan, kalau perlu dijemur. Sangrai (digoreng tanpa minyak) kacang hijau tersebut. Kacang hijau yang sudah disangrai kemudian ditumbuk halus hingga seperti bubuk kopi, lalu simpan di tempat yang kering.

 

Ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau tersebut, lalu seduh dengan satu gelas air mendidih. Tambahkan gula atau madu bila perlu. Minum selagi hangat. Lakukan secara teratur setiap hari sekali sampai bubuk kacang hijaunya habis.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT