Rabu, 21 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Apel
Buah Pengontrol Kolesterol, Penangkal Diabetes
Minggu, 16 September 2018[210]
Buah Pengontrol Kolesterol, Penangkal Diabetes
IST.

SELAIN enak untuk dikonsumsi, apel merupakan buah-buahan yang cukup penting di dunia pengobatan.*

KISUTA.com - Apel merupakan buah yang sangat populer di masyarakat dunia. Buah yang enak dan segar ini begitu memasyarakat karena mudah untuk mendapatkannya. Hampir selalu ada di pasaran karena apel tidak terlalu tergantung musim.

 

Selain enak untuk dikonsumsi, apel (pyrus malus) merupakan buah-buahan yang cukup penting di dunia pengobatan. Buah apel kaya dengan kandungan senyawa kimia dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti tanin, pektin, kalori, hidrat arang, protein, vitamin, kalium, fosfor.

 

Kandungan tanin dalam buah apel, nisalnya, mampu membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga terhindar dari kerusakan gigi. Anda dapat mengonsumsi apel dengan cara langsung/instan atau bisa juga di jus. Sebaiknya mengonsumsi apel dengan kulitnya, karena mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Berikut khasiat buah apel untuk menangkal dan menyembuhkan beberapa penyakit:

 

Mencegah Penyakit Al-Zheimer - Studi yang dilakukan Universitas Cornell menemukan bahwa kandungan quecettin pada apel berfungsi untuk melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan untuk mencegah otak dari penyakit Al-Zheimer.

 

Mengurangi Berat Badan - Studi yang di lakukan di Brazil, bahwa mengkonsumsi buah apel setidaknya 3 buah per hari selama diet, akan cepat menurunkan berat badan, di banding orang yang selama diet tidak memasukkan buah apel dalam menu wajib yang efektif untuk mengurangi berat badan.

 

Dapat Mengkontrol Diabetes - Kandungan pectin pada apel menyuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk menurunkan hormon insulin sebagai penyabab diabetes. Hal ini karena insulin yang tinggi bakal menyebabkan penyakit diabetes, dan dengan memakan buah apel kadar insulin bisa berkurang, sehingga terbebas dari penyakit diabetes.

 

Menurunkan Kadar kolesterol - Orang yang memakan setidaknya 2 buah apel setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol sebanyak 16%.

 

Melindungi Hati - Orang yang makan apel setiap hari mampu melindungi hati, karena apel sendiri mampu memperlambat oksidasi yang mengarah pada penyakit hati.

 

Mencegah Katarak - Penambahan mengkonsumsi apel dapat mencegah perkembangan katarak karena antioksidan mampu mencegah dari radikal bebas yang dapat mengancam pada kesehatan mata.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT