Sabtu, 17 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Jagalah Hati dengan Kopi
Selasa, 18 September 2018[112]

KISUTA.com - Kopi menjadi salah satu minuman favorit di seluruh dunia. Karena disukai, saat ini kopi mempunyai banyak varian olahan, baik panas maupun dingin.

 

Selama dikonsumsi dalam batas wajar, kopi tak hanya memberikan kenikmatan bagi yang meminumnya, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Penelitian yang dilakukan University of Southampton di Inggris, menemukan bahwa kopi bisa melindungi hati.

 

Dari 432.000 orang dalam 5 studi terpisah yang diteliti, para peneliti menyimpulkan bahwa orang yang minum satu cangkir kopi sehari, ternyata 22 persen lebih rendah risiko terkena sirosis, yaitu kondisi parut pada hati yang dapat menyebabkan gagal fungsi. Sedangkan orang yang minum dua cangkir kopi sehari, 43 persen lebih rendah risikonya untuk mendapatkan penyakit sirosis. Mereka yang minum empat cangkir sehari, memiliki risiko 65 persen lebih rendah terkena penyakit sirosis.

 

Diberitakan Menshealth, Dr. Oliver Kennedey, penulis penelitian tersebut, menyarankan untuk mengonsumsi kopi jika ingin menjaga hati atau liver. Bahkan untuk menjaga agar hati tetap sehat, ia menyarankan untuk menambahkan dua cangkir kopi sehari dalam menu harian. Kopi yang diminum bisa kopi biasa maupun kopi tanpa kafein. Hanya saja, kopi jangan dicampur gula, karena akan mengurangi manfaatnya.

 

Apabila Anda tertarik untuk minum kopi, berikut ada trik untuk membuat kopi nikmat. Untuk mendapatkan kopi yang nikmat, tak hanya dipengaruhi oleh kualitas kopi, tetapi juga ketepatan dalam menyeduhnya. Kopi berkualitas tak akan menghasilkan kopi nikmat kalau cara menyeduhnya tidak tepat.

 

Untuk membuat kopi nikmat, pastikan air yang digunakan sudah benar-benar mendidih supaya kopi bisa terekstraksi maksimal. Air mendidih ditandai dengan keluarnya bubble di permukaan. Air mendidih tersebut jangan langsung digunakan untuk menyeduh kopi, tapi biarkan beberapa saat hingga bublle-nya hilang. Setelah bubble-nya hilang atau suhunya sekitar 90 derajat Celcius, baru gunakan air untuk menyeduh kopi. Biarkan kopi menjadi matang, baru kemudian diaduk. Apabila Anda ingin menambah gula, tambahkan setelah kopi diseduh air.* Uma – kisuta.com


TAG TERKAIT