Sabtu, 17 November 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Mau Tidur Lelap? Lakukan Ini
Minggu, 23 September 2018[102]

KISUTA.com - Banyak orang bermasalah dengan waktu tidurnya. Banyak yang mengeluh, walaupun sudah melakukan berbagai upaya, tetapi tetap saja sulit tidur. Mulai dari mandi air hangat, hingga minum susu supaya tubuh santai dengan harapan lebih mudah terlelap. Akhirnya banyak orang mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat tidur.

 

Daripada mengonsumsi obat tidur, sebaiknya lakukan upaya alami karena tidak ada efek sampingnya. Dikutip dari Mirror, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan supaya dapat tidur lelap.

 

Tarik napas lewat lubang hidung sebelah kiri - Metode yoga ini dianggap bisa mengurangi tekanan darah dan menenangkan. Menurut terapis tidur, Peter Smith, berbaringlah di sisi kiri Anda, gunakan jari untuk menutup lubang hidung sebelah kanan, dan secara perlahan mulailah bernapas dalam-dalam melalui lubang hidung sebelah kiri.

 

"Teknik ini sangat baik ketika Anda merasa terlalu panas atau sering berkeringat di malam hari, terutama saat menopause," kata penulis buku 'Sleep Better With Natural Therapies' ini.

 

Tekan dan rileks - Regangkan semua otot sebelum tidur. Ahli kecemasan Charles Linden menyarankan untuk berbaring telentang lalu ambil napas panjang dengan lambat melalui hidung. Pada saat yang sama, remas jari-jari kaki dengan erat seolah Anda sedang mencengekram sesuatu di bawah kaki, kemudian lepaskan.

 

"Ulangi ambil napas dengan lambat, gulung kaki ke arah lutut kemudian lepaskan. Bernapas lagi, kontraksikan otot betis, paha, bokong, perut, dada, lengan, dan seterusnya sampai semua bagian tubuh Anda sudah mendapatkan peregangan," imbuh penulis 'Stress Free in 30 Days' ini.

 

Coba untuk tetap terjaga - Tantang diri Anda untuk tetap terjaga meskipun pikiran akan memberontak. Tapi ini yang disebut paradoks tidur. "Usahakan mata Anda terbuka lebar, katakan berulang-ulang 'saya tidak akan tidur'. Otak tidak memproses hal-hal negatif dengan baik sehingga menafsirkan ini sebagai instruksi untuk tidur dan otot mata akan lebih cepat lelah, lalu mulai terlelap," jelas psikoterapis Julie Hirst.

 

Ulangi hari Anda - Mengingat detail dalam urutan terbalik bisa membersihkan pikiran dari kekhawatiran. Sammy Margo, penulis The Good Sleep Guide mengatakan ingatlah percakapan, pemandangan, dan suara saat Anda pergi. Ini akan membantu untuk mencapai kondisi siap tidur secara mental.

 

Putar bola mata - Sammy mengatakan bahwa menutup mata dan memutar bola mata sampai tiga kali bisa berguna. "Ini mensimulasikan apa yang Anda lakukan secara alami ketika tertidur dan bisa membantu memicu pelepasan hormon mengantuk, melatonin," kata Sammy.

 

Bayangkan sesuatu - Meditasi visualisasi bekerja paling baik jika Anda menggunakan setidaknya tiga indera. Coba bayangkan diri Anda dalam situasi di mana merasakan sebuah konten seperti taman yang indah, berlayar di perairan yang tenang, atau berjalan di taman bunga. "Ketika Anda menjelajahi tempat menyenangkan dan membayangkan bunga berbau, merasa tekstur rumput atau pasir di bawah kaki serta mendengar debur ombak, itu akan membuat tubuh merasa santai dan terlena,” papar Sammy.

 

Bersenandung untuk diri sendiri - Meditasi yoga ini menyebarkan ketenangan. Menurut Dr Chris Idzikowski, Direktur Edinburgh Sleep Centre dan penulis Sound Asleep, The Expert Guide To Sleeping Well, duduk dalam posisi yang nyaman, tutup mata, jatuhkan bahu, rilekskan rahang dan jaga agar mulut tetap tertutup. Tarik napas melalui hidung sedalam dan senyaman mungkin, pastikan perut yang bergerak, bukan dada.

 

"Lalu, bernapaslah melalui mulut dengan lembut. Coba bersenandung sampai seleuruh napas keluar. Perhatikan bagaimana dada Anda bergetar. Fokus sepenuhnya pada getaran ini. Setelah lebih dari enam kali, duduk diam sejenak dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda siap untuk tidur. Bangun perlahan dan pergilah tidur,' kata Dr Chris.

 

Tekan di titik ini - Ada titik-titik di tubuh yang bisa mempromosikan tidur bila ditekan dengan lembut tapi tegas. Dr Chris menyarankan, letakkan ibu jari di titik antara alis di bagian atas hidung yang ada sedikit lekukan. Tahan selama 20 detik, lepaskan sebentar dan ulangi dia kali.

 

"Lalu, duduk di tepi tempat tidur dan tempatkan kaki kanan Anda di lutut kiri, Cari sedikit lekukan antara jempol kaki Anda dengan jari kedua, lalu tekan dengan cara yang sama. Kemudian, temukan titik tepat di bawah kuku pada bagian atas kedua kaki. Gunakan ibu jari dan telunjuk tangan untuk menekan jari kaki tersebut,” jelas Dr Chris.

 

Cari pemicu - Lakukan sesuatu yang tidak biasa misalnya membelai pipi Anda sendiri karena menurut hipnoterapis Sharon Stiles, fokuskan semua perhatian pada gerakan yang terasa di tubuh. Sepanjang malam, tubuh akan belajar mengasosiasikan dengan tidur dan mengulanginya agar tubuh yakin untuk merasakan kantuk.

 

Ambil napas - Bernapas secara alami dan lambat seiring perasaan mengantuk Anda. Menurut The NightWave Sleep Assistant, memproyeksikan cahaya biru lembut yang perlahan naik dan turun di langit-langit dan menyinkronkannya dengan napas Anda bisa membuat Anda merasa ngantuk.

 

Buat daftar - Menurut Sharon Stiles, insomnia sering disebabkan karena Anda khawatir terhadap apa yang harus dilakukan besok. Maka, tulislah apa yang harus dikerjakan di kertas dan simpan di tempat yang mudah terlihat. Itu akan menenangkan dan membuat lebih mudah terlelap.* Ati - kisuta.com


TAG TERKAIT