Jumat, 14 Desember 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Sirsak
Kantung Asam Penangkal Asam Urat
Kamis, 15 November 2018[151]
Kantung Asam Penangkal Asam Urat
IST.

SIRSAK sangat populer sebagai buah yang asam manis menyegarkan. Banyak dikonsumsi segar, dijus, atau dicampur dalam minuman.*

KISUTA.com - Sirsak sangat populer sebagai buah yang asam manis menyegarkan. Tanaman yang mempunyai nama keren Annona muricata dan orang Sunda menyebutnya nangka walanda, ini memang merupakan buah yang menyegarkan. Banyak dikonsumsi segar, dijus, atau dicampur dalam minuman. Naman sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda zuurzak yang berarti kantung asam. Hal ini karena rasanya yang asam manis.

 

Sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat pada ketinggian 0-1.000 dpl. Namun paling cocok ditanam di halaman rumah sebagai pohon buah pekarangan. Sirsak berupa tumbuhan atau pohon yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua, sedangkan pada bagian bawahnya berwarna lebih muda.

 

Setiap 100 gram buah sirsak mengandung 65 kalori, 1 gram protein, 0,3 gram lemak, 16,3 gram karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B dan C. Juga mengandung senyawa caffeine, hydrocyanic acid, myricylalkohol, dan sterol. Sedang daun dan batangnya mengandung senyawa tannin, fitosterol, Ca-oksalat, dan alkaloid murisine.

 

Di dunia herbal, sirsak termasuk tanaman penting untuk pengobatan. Daunnya banyak digunakan untuk mengobati rematik, pegal, dan sakit pinggang. Sedangkan buahnya berkhasiat sebagai obat ambeien, sakit kandung kemih, diare, dan jeungjeuriheun (sering kencing tapi sedikit dan terasa sakit).

 

Buah sirsak juga terbukti berkhasiat menangkal asam urat. Zat gizi yang dikandung buah sirsak berkhasiat memperlancar proses metabolisme hormonal di dalam tubuh. Selain itu, buah ini mengandung efek diuretik. Dengan efek diuretik (peluruh kencing), sekresi asam urat melalui urine dapat berjalan lancar untuk mengurangi kadar asam urat darah.

 

Untuk itu, agar asam urat darah dapat disekresikan ke luar tubuh, baik melalui urine maupun kotoran, dianjurkan mengkonsumsi buah sirsak secara teratur. Kalau memungkinkan mengkonsumsi setiap hari, baik secara langsung memakan buah matang yang segar atau dijus.

 

Selain untuk menangkal asam urat seperti tersebut di atas, Ki Suta juga akan memberikan resep untuk beberapa penyakit berikut ini:

 

Ambeien: Buah sirsak yang sudah masak diperas untuk diambil airnya sebanyak satu gelas. Air perasan ini diminum dua kali sehari, pagi dan sore.

 

Sakit kandung kemih: Buah sirsak stengah masak ditambah gula dan garam secukupnya. Bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Kolak sirsak ini dimakan rutin setiap hari selama seminggu berturut-turut.

 

Jeungjeuriheun: Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak tersebut dikupas dan direbus dengan gula pasir dan ditambah air sebanyak dua gelas. Rebusan ini kemudian disaring, dan diminum.

 

Sakit pinggang: 20 lembar daun sirsak direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas. Air rebusan ini diminum satu kali sehari kurang lebih ¾ gelas.

 

Bisul: Daun sirsak yang masih muda secukupnya, kemudian ditumbuk halus dan ditambah setengah sendok air, diaduk sampai merata. Tumbukan ini ditempelkan pada bagian bisul.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT