Jumat, 14 Desember 2018Tentang Kami|Kontak Kami
CerdasArtikel Opini
Semangat pagi...
Sedekah yang Indah
Kamis, 6 Desember 2018[60]
Oleh: HD Sutarjan

KISUTA.com - Sedekah atau “shodaqoh” identik dengan memberikan uang atau materi kepada orang yang berhak. Padahal, dalam Islam tidak hanya memberikan uang atau materi saja yang disebut sedekah. Banyak amalan yang masuk kategori sedekah, karena pengertian sedekah sendiri bersifat umum mencakup sedekah wajib dan sunnah seperti infaq.

 

Karena pengertian sedekah yang bersifat umum, banyak amalan-amalan sunnah yang juga disebut sedekah. Antara lain, bertasbih (memuji nama Allah), takbir (mengucapkan Allahu akbar), tahmid (mengucapkan alhamdulillah), tahlil (mengucapkan laa ilaha illallah), memerintahkan kepada kebajikan, dan melarang kepada kemungkaran. Bahkan, hubungan suami-istri pun bisa menjadi sedekah.

 

Hal ini sesuai dengan hadits berikut ini: Beberapa orang sahabat Rasulullah SAW –seperti dikatakan Abu Dzar al-Ghifari– mengadu kepada Rasulullah: “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya itu telah pergi membawa banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami puasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka.”

 

Rasulullah bersabda: “Apakah Allah tidak menjadikan bagi kalian untuk bersedekah? Sesungguhnya pada setiap tasbih adalah sedekah, dan setiap takbir sedekah, dan setiap tahmid sedekah, dan setiap tahlil sedekah. Memerintahkan kepada kebajikan sedekah, melarang dari hal yang mungkar sedekah. Bahkan pada budz’i (hubungan suami-istri) kalian adalah sedekah.”

 

Para sahabat berkata: “Wahai Rasulullah, bagaimana seseorang dari kami mendatangi syahwatnya kemudian dia mendapatkan pahala?”

 

Rasulullah bersabda: Bagaimana menurut kalian, jika dia meletakkannya pada yang haram apakah dia berdosa? Demikian juga jika dia meletakkan pada yang halal, maka dia mendapatkan pahala.” (HR. Muslim).

 

Walaupun sebenarnya hubungan suami-istri tersebut termasuk rutinitas atau aktifitas lazim sepasang suami-istri, akan tetapi dengan adanya niat bahwa tujuan aktifitas tersebut untuk melaksanakan perintah Allah yaitu “Gaulilah mereka dengan suatu yang ma’ruf”, atau menjaga diri sendiri dan istri dari berbuat selain pada tempatnya, atau mengharap dari hasil itu anak yang sholeh, maka itu termasuk sedekah. Dan, itu semua adalah ibadah.***


TAG TERKAIT