Senin, 21 Oktober 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Ibu Hamil, Penting Konsumsi Ikan
Sabtu, 8 Desember 2018[253]

KISUTA.com - Konsumsi ikan masyarakat dinilai masih rendah, Pemerintah Kabupaten Bandung pun melalui Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan) menggenjot Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) kepada seluruh masyarakat, khususnya anak dan ibu hamil.

"Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan yang masih rendah. Salah satunya melalui sosialisasi makan ikan bagi siswa di sekolah dan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita," kata Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung, Dadang Hermawan, di sela-sela acara peringatan Hari Ikan Nasional ke-5 yang digelar di Lapang Upakarti, Soreang, Rabu (5/12/2018).

Selain sosialisasi makan ikan bagi siswa dan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita, perhatian Pemkab Bandung terhadap peningkatan konsumsi ikan bagi warganya semakin nyata, karena dalam waktu dekat di Kabupaten Bandung akan hadir Pasar Ikan Modern (PIM).

Sebegitu besarnya perhatian Pemkab Bandung agar masyarakatnya mengonsumsi ikan, termasuk bagi ibu hamil. Apa saja manfaatnya asupan ikan bagi ibu hamil?

18 Manfaat Ikan Bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat yang ada pada ikan, baik tawar maupun laut, tidak akan lepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Berbagai macam kandungan yang ada di ikan laut ataupun ikan tawar: Kalori, DHA, Omega-3, asam folat, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan air. Kandungannya inilah yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Sedangkan berbagai macam manfaat ikan bagi ibu hamil, yaitu:

1. Diet yang seimbang

Ibu hamil yang suka mengonsumsi ikan sama saja sedang melakukan diet yang seimbang. Hal itu dikarenakan di dalam ikan banyak mengandung berbagai macam gizi ibu hamil. Nutrisi dan vitamin itu cocok untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

2. Mengembangkan otak janin

Kandungan ikan yang kaya akan asam lemak Omega-3 sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem syaraf dan otak pada janin yang ada di dalam kandungan. Oleh sebab itulah, cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan, pada ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi ikan setiap harinya.

3. Meningkatkan kecerdasan

Ikan laut seperti salmon dan tuna dipercaya bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak yang ada di dalam kandungan. Alasannya, ikan laut kaya manfaat asam folat bagi ibu hamil, omega-3, asam folat, dan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

4. Menyehatkan indera penglihatan janin

Kandungan protein dan DHA yang ada di dalam manfaat ikan bagi ibu hamil bisa digunakan untuk menyehatkan indera penglihatan pada janin. Jika indera penglihatan sehat, janin akan terhindar dari kebutaan.

5. Mencegah hipertensi

Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk terkena hipertensi. Berbagai macam nutrisi yang ada pada ikan dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan tekanan darah dan mencegah terkena hipertensi dalam kehamilan. Ibu hamil biasanya akan terkena hipertensi saat ibu hamil tersebut akan melahirkan. Saat akan melahirkan ibu hamil mengalami tekanan fisik dan pikiran yang luar biasa, tidak heran jika ibu hamil akan mengalami peningkatan tekanan darah.

6. Menghindari persalinan prematur

Mengonsumsi ikan secara teratur bisa mencegah janin terlahir secara prematur. Ikan yang bisa digunakan untuk mencegah bayi lahir secara prematur adalah ikan laut, sebab kandungan gizi ikan laut lebih besar dibandingkan ikan air tawar.

7. Meningkatkan sistem imun

Ikan mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Jika ibu selama kehamilan banyak mengonsumsi ikan, ketika janin yang ada di dalam kandungan dilahirkan oleh ibu hamil kelak bayinya tersebut tidak akan mudah terkena penyakit. Vitamin C pada ikan laut maupun ikan air tawar sangat bagus untuk pembentukan antobodi janin di dalam kandungan.

8. Menyehatkan kulit

Ibu hamil yang banyak mengonsumi ikan dipercaya kulitnya akan lebih sehat dibandingkan ibu hamil yang tidak mengonsumsi ikan. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil bisa membuat kulit ibu hamil kusam, berjerawat, dan lainnya. Vitamin pada ikan dipercaya bisa menutrisi kulit ibu hamil dibandingkan dengan pemakaian kosmetik, sebab saat mengandung ibu hamil harus menghindari pemakaian kosmetik sehingga ibu hamil diharapkan mengonsumsi ikan secara teratur agar bisa menutrisi kulitnya setiap hari.

9. Jantung yang sehat

Ibu hamil yang teratur mengonsumsi ikan akan memiliki jantung yang sehat dibandingkan ibu hamil yang tidak mengonsumsi ikan sama sekali. Paska melahirkan pun, mengonsumsi ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Manfaat itu tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil, namun bisa dirasakan oleh janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil. Pembentukan organ jantung janin pun bisa berkembang secara sempurna jika ibu hamil rutin dan teratur mengonsumsi ikan.

10. Mengembangkan visual

Perkembangan janin akan lebih aktif untuk menangkap lingkungan yang ada di sekitarnya, sebab daya visual janin akan berkembang berkat kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan, terutama di dalam ikan salmon.

11. Mengembangkan neurologis pada janin

Kandungan omega-3 pada ikan bisa bermanfaat untuk menumbuhkan dan mengembangkan fungsi neurologis pada janin yang ada di dalam kandungan.

12. Mengurangi depresi

Kandungan DHA pada ikan salmon dipercaya bisa digunakan untuk mencegah dan mengurangi depresi pada ibu hamil. Terutama saat ciri-ciri orang hamil baru muncul, banyak yang merasakan tertekan akibat kehamilannya. Oleh sebab itu, mengonsumsi ikan adalah salah satu alternatif yang tepat untuk menghilangkan dan mencegah depresi selama kehamilan.

13. Mencegah keguguran

Bagi ibu hamil muda, mengonsumsi ikan dipercaya bisa digunakan untuk mencegah keguguran. Alasannya, ibu hamil yang mengonsumsi ikan kaya DHA. Kandungan DHA bisa mencegah terjadinya kontraksi di dalam rahim. Jika ibu hamil mengalami kontraksi dini pada rahimnya, ibu hamil akan rentan mengalami keguguran.

14. Menghindarkan dari kolesterol

Mengonsumsi ikan dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Penyebab kolesterol adalah adanya tekanan darah tinggi di dalam tubuh. Ikan bisa digunakan untuk menormalkan tekanan darah, sehingga kolesterol bisa dihindari.

15. Menghindari stroke

Mengonsumsi ikan bagi ibu hamil membuat tubuh terhindar dari penyakit stroke. Stroke bisa disebabkan oleh tekana darah yang tinggi.

16. Menguatkan otot janin

Otot bagi janin adalah hal penting, sebab janin bisa bergerak dikarenakan otot yang ada di dalam tubuhnya. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam ikan, berperan penting dalam menguatkan otot janin.

17. Mengembangkan otot janin

Jika janin memiliki otot yang tidak berkembang, janin tersebut akan mengalami kelumpuhan. Syaraf di dalam tubuh janin berhubungan dengan otot yang ada di dalam tubuhnya. Oleh sebab itulah, penting sekali bagi ibu yang sedang hamil untuk mengonsumsi ikan secara teratur.

18. Membantu proses pembekuan darah

Ibu hamil yang teratur mengonsumsi ikan bisa memperoleh manfaat berupa membantu pembekuan darah di dalam tubuh janin. Darah yang tidak bisa membeku sangat berbahaya.

Meskipun ikan baik untuk kesehatan ibu hamil, namun ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih dan mengonsumsi ikan. Alangkah baiknya jika ibu hamil mengetahui kualitas dari ikan yang dikonsumsinya.* harie – kisuta.com


TAG TERKAIT