Senin, 21 Januari 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Tonjong Canyon
Spot Keren di Pakidulan Tasikmalaya
Selasa, 18 Desember 2018[306]
Spot Keren di Pakidulan Tasikmalaya
IST.

KISUTA.com – Tasikmalaya menawarkan sensasi liburan yang menarik. Ada beberapa destinasi pilihan yang bisa kita kunjungi saat berlibur ke Kabupaten Tasikmalaya, Sang Mutiara dari Priangan Timur.

 

Potensi wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya cukup beragam dengan daya tarik tersendiri yang mampu menyedot perhatian wisatawan. Selain wisata alamnya yang menakjubkan, kita bakal diajak untuk menikmati wisata hiburan dan rekreasi yang akan membuat liburan semakin mengasyikkan. Salah satunya,objek wisata Tonjong Canyon.

 

Spot wisata cantik dengan view menawan, berupa tebing dan aliran sungai bernuansa hijau ini terletak di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Di kawasan wisata ini kita bisa mencari spot keren sebagai background swafoto. Selain itu, kita bisa berenang atau menyusuri aliran sungai dengan perahu karet sehingga momen liburan semakin seru.

 

Untuk menuju Tonjong Canyon dibutuhkan waktu sekitar 2 - 3 jam dari Tasikmalaya Kota atau jarak tempuh sekitar ± 83 km. Dari Kota Tasikmalaya kita menggunakan sepeda motor karena kalau menggunakan roda empat untuk menuju lokasi tidak bisa dilalui karena medan area yang hanya cukup untuk kendaraan roda dua.

 

Untuk menuju lokasi dari Tasikmalaya Kota, kita bisa lewati jalan raya Karangnunggal lalu dari pertigaan Karang - Pamijahan belok kiri menuju Jalan Raya Cipatujah dari pertigaan belok kanan menuju ke arah Cintabodas/Culamega. Di sana akan menemukan sebuah TK Nurul Insan belok kiri, tapi hati-hati sesudah TK badan jalan mulai menyempit hanya cukup untuk kendaraan roda dua dan jalannya pun cukup memicu adrenalin; agak menukik tajam kemiringan sekitar 80°.

 

Sesudah sampai lokasi, kita bisa istirahat sejenak di rumah pribumi. Dari perumahan warga, kita lanjutkan kembali memakai motor sekitar 10 menitan, lalu kendaraan pun terpaksa harus disimpan di kebun milik warga karena medannya hanya cukup untuk berjalan kaki.

 

Untuk berjalan kaki menuju lokasi, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit atau sekitar 500 meter dari atas. Dikatakan dari atas, karena harus turun menelusuri kebun warga yang lumayan agak rimbun dan curam cukup menguras tenaga juga untuk mengerem kaki dan menanjak di waktu pulang.

 

Tonjong Canyon, selain tempatnya keren alami pula belum dikomersilkan oleh warga sekitar. Jadi, tunggu apalagi?* harie –kisuta.com


TAG TERKAIT