Kamis, 23 Mei 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Minyak Ikan Efektif Menurunkan Berat Badan
Rabu, 19 Desember 2018[169]

KISUTA.com - Memiliki tubuh proporsional merupakan idaman, baik pria maupun wanita. Tak heran jika banyak cara ditempuh demi mendapatkan bentuk tubuh bak model. Ada yang melakukan diet, ada juga yang meningkatkan intensitas olahraga untuk menurunkan maupun menjaga berat badan di ukuran ideal.

 

Bagi Anda yang sekarang sedang dalam proses menurunkan berat badan, mungkin cara berikut ini bisa dilakukan. Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan yang dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan intensitas olahraga.

 

Hasil penelitian para peneliti dari University of South Australia bisa menjadi alasan mengapa minyak ikan bisa menjadi alternative upaya penurunan berat badan. Para peneliti ini melakukan studi yang melibatkan 75 responden. Para responden ini mempunyai masalah kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Peneliti kemudian membagi peserta ke dalam dua kelompok secara acak.

 

Kelompok pertama diberikan minyak ikan tuna yang mengandung asam lemak omega-3, sedangkan kelompok kedua diberi minyak bunga matahari dengan dosis yang sama tetapi tidak mengandung asam lemak omega-3.

 

Kedua kelompok tersebut kemudian dibagi lagi, setengahnya tidak melakukan olahraga tambahan setiap minggunya. Sementara setengah yang lain diminta berjalan kaki selama 45 menit setiap hari. Seluruh peserta yang terlibat dalam studi tersebut diminta untuk tidak mengubah pola dietnya. Setelah 3 minggu masa studi, 3 kelompok tidak menunjukkan banyak perubahan, namun kelompok yang diberi minyak ikan dan berolahraga mengalami penurunan berat badan rata-rata sekitar 4,5 kilogram dan penurunan persentase lemak tubuh secara keseluruhan.

 

"Hasil tersebut semakin signifikan pada kelompok yang mengambil minyak ikan dan berolahraga, bahkan setelah 8 minggu masa studi," jelas peneliti dalam ringkasan yang diterbitkan dalam edisi jurnal Food & Function, edisi bulan Februari 2013, seperti ditulis Natural News, beberapa waktu lalu.

 

Para ilmuwan percaya bahwa asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat meningkatkan aliran darah ke otot selama latihan. Senyawa tersebut membantu merangsang enzim yang berperan dalam transportasi lemak agar lemak dapat dimanfaatkan untuk energi. Asam lemak omega-3 tersedia dalam bentuk suplemen yang populer digunakan sebagai vitamin pertumbuhan dan manfaat lain, seperti meningkatkan fungsi memori otak, kesehatan mata, serta kemampuan untuk mengurangi risiko stroke dan penyakit Alzheimer.

 

Suplemen minyak ikan omega-3 bisa menjadi suplemen alami yang efektif untuk membantu penurunan berat badan jika digabungkan dengan olahraga. Penelitian sebelumnya yang dilakukan di Jepang dan Norwegia, juga menemukan hal serupa bahwa asam lemak omega-3 dapat mempromosikan diet penurunan berat badan. Tertarik? Silakan mencobanya, karena mengonsumi minyak ikan cenderung aman dari pada mengonsumsi obat-obatan untuk menguruskan badan.* ati - kisuta.com


TAG TERKAIT