Rabu, 21 Agustus 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Serai
Penyedap Rasa yang Kaya Khasiat
Rabu, 19 Desember 2018[386]
Penyedap Rasa yang Kaya Khasiat
IST.

KISUTA.com - Serai atau juga disebut sereh, merupakan rempah yang umum digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia dan bahkan Asia. Serai digunakan antara lain untuk menambah aroma dan sebagai penyedap rasa makanan.

 

Seiiring dengan perkembangan pengetahuan, serai yang mempunyai nama latin Andropogon nardus, ternyata tak hanya akrab di kalangan ibu rumah tangga sebagai bumbu masak saja, karena ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan.

 

Sebagai herbal kesehatan, penggunaan serai untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan memiliki banyak keuntungan. Selain mudah didapat dan murah, juga tidak memberikan efek samping apapun jika penggunaannya tepat.

 

Dalam beberapa penelitian, daun serai mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretic.

 

Selain itu, kandungan analgesik dalam serai juga dapat berperan untuk membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot maupun nyeri sendi. Belakangan, serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dan juga meredakan bau badan.

 

Serai juga mengandung banyak senyawa seperti geranil butirat, lomonen, eugenol, metileugenol, geranial yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat serai untuk kesehatan.

 

Mencegah penyakit kanker: Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram serai mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa serai mengandung senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

 

Menurunkan berat badan: Serai baik digunakan sebagai pengganti bumbu yang memiliki nilai kalori tinggi sehingga bisa membantu upaya menurunkan berat badan. Minum teh serai sebagai diuretik dan untuk detoksifikasi. Sifat diuretik serai membantu menormalkan keseimbangan air dalam tubuh dan menghilangkan kelebihan air. Hal tersebut dapat membantu Anda menurunkan berat badan beberapa kilo dan membuat tubuh tampak lebih ramping.

 

Gunakan baik serai murni atau ekstrak dalam makanan untuk membantu meningkatkan pencernaan. Semua kalori akan digunakan secara efisien jika sistem pencernaan bekerja dengan baik. Hal ini akan membuat Anda lebih lama merasa kenyang sehingga mengurangi asupan makanan yang akan berkontribusi terhadap upaya penurunan berat badan.

 

Mengobati gangguan pencernaan: Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan juga diare.

 

Menurunkan tekanan darah: Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.

 

Detoksifikasi: Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

 

Memperkuat sistem saraf: Minyak esensial yang mengandung serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak serai memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

 

Berfungsi sebagai analgesik: Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang Anda derita yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lainnya.

 

Merawat kulit: Penggunaan daun serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.

 

Kesehatan wanita: Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual.

 

Bagaimana, pasti Anda tak mengira begitu banyak manfaat kesehatan dari serai, baik batang maupun daunnya. Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bahwa serai bisa digunakan sebagai pengobatan herbal, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi serai selain untuk bumbu masak.* Ki Suta – kisuta.com


TAG TERKAIT