Senin, 21 Januari 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Menikmati Semerbak Warna-warni Bunga di Cihideung
Minggu, 23 Desember 2018[123]
Menikmati Semerbak Warna-warni Bunga di Cihideung
IST.

KISUTA.com - Bandung memang masih menyandang predikat “Kota Kembang”. Namun kembang atau bunga-bunganya sendiri sudah jarang didapati di Kota Bandung seperti waktu-waktu dulu. Tapi jangan khawatir, dalam beberapa tahun terakhir ini bunga-bunga itu semakin marak, tidak jauh dari Kota Bandung, tepatnya dapat kita nikmati maraknya aneka bunga di Taman Wisata Bunga yang terletak di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

 

Taman Bunga Cihideung dikelilingi panorama alam Bandung Utara, selain itu udara di tempat ini sangat sejuk. Taman Bunga Cihideung merupakan tempat Agrowisata Khusus budidaya dan Pembibitan Tanaman Hias di Bandung. Taman Bunga Cihideung memiliki banyak koleksi berbagai jenis bunga tanaman hias, seperti bunga melati, bunga mawar, anggrek, aneka macam bonsai, hebras, bougenvil, gelombang cinta, dan lain-lain. Wisatawan juga dapat membeli bunga tanaman hias untuk nantinya ditanam di rumah ataupun untuk dijadikan buah tangan untuk sanak saudara ataupun sahabat.

 

Taman Bunga Cihideung ini, dulunya hanya merupakan tempat bercocok tanam ala kadarnya. Kini telah berkembang menjadi “Kawasan Wisata Bunga”. Kawasan ini memang tepat disebut sebagai kawasan wisata bunga, karena di sepanjang desa ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan.

 

Berbagai jenis tanaman bunga bisa kita temui di Desa Cihideung, dari tanaman hias hingga tanaman potong. Tanaman (bunga) hias biasanya adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah taman, dan tanaman (bunga) potong biasanya adalah tanaman/ bunga yang diperlukan untuk keperluan dekorasi.

 

Pada masa liburan sekolah, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Banyak anak sekolah yang sengaja datang untuk membeli bunga.

 

Harga tanaman hias ini sangat terjangkau, bervariasi mulai dari Rp1.500 hingga Rp100.000, bergantung pada jenis tanaman bunga hias. Biasanya para pembeli rata-rata memborong berbagai jenis tanaman hias.

 

Pada saat tahun baru, tempat ini selalu ramai dikunjungi. Selain itu, dengan adanya beberapa tempat wisata di daerah Cihideung ini, seperti Dusun Bambu Lembang, Grafika Cikole Lembang, Wisata Bandung Kampung Daun, Jendela Alam, dan yang lainnya, turut meramaikan.

 

Taman Bunga Cihideung menempati luas areal sekitar 50 hektar, dan kini sebagaian besar penduduknya adalah berprofesi sebagai petani tanaman hias atau penjual bunga. Nyaris di Taman Bunga Cihideung di setiap pekarangan rumah penduduknya tak ada lahan yang menganggur. Persis di depan rumah mereka selalu ada polybag-polybag berisi tanaman hias.

 

Kini, hampir 80% penduduk di Cihideung memilih profesi sebagai petani bunga, baik bunga potong maupun bunga tanaman hias. Sebagian besar menanam tanaman hias yang dipasarkan di seantero negeri, terutama untuk kota besar terdekatnya seperti Bandung dan Jakarta.

 

Lokasi Taman Bunga Cihideung berada sekitar 4,7 kilometer dari tikungan Jalan Setiabudi-Sersan Bajuri dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut (dpl).

 

Alamat Taman Bunga Cihideung sendiri lokasinya tepat tidak jauh dari Jalan Sersan Bajuri Lembang Bandung, kurang lebih sekitar 5 km. Untuk mencapai kawasan wisata bunga di Desa Cihideung, kita yang dari Bandung akan mencapai lokasi wisata ini kurang lebih 20 km dari pusat Kota Bandung. Sebagai patokan, untuk mencapai lokasi, kita tinggal menuju kawasan Terminal Ledeng. Dari situ, kita tinggal melanjutkan perjalanan menuju arah Lembang, pasti akan secara mudah mencapai lokasi Desa Cihideung.

 

Untuk memasuki kawasan wisata bunga ini tidak dikenakan biaya, namun apabila kita menyukai dan ingin memiliki aneka jenis bunga, baik hias maupun bunga potong, maka kita harus membelinya untuk bisa dibawa pulang.

 

Jadi, selain berwisata menikmati aneka warna bunga, tempat ini menjadi rekomendasi untuk melengkapi koleksi tanaman hias kita.* harie - kisuta.com


TAG TERKAIT