Senin, 18 Februari 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Warung Kopi Purnama
Tempat Nongkrong yang Melegenda
Jumat, 25 Januari 2019[147]
Tempat Nongkrong yang Melegenda
IST.

KISUTA.com – Di era milenial ini, bisnis café atau kedai kopi sangat menjanjikan. Buktinya, banyak berjamuran café kopi baru yang dibuka di Indonesia, khususnya Bandung. Mulai dari café kopi internasional, café kopi franchise, hingga café kopi kekinian tematik yang banyak dijadikan lokasi photoshoot anak muda.

 

Warung Kopi Purnama adalah salah satu café kopi yang tidak banyak diketahui anak milenial. Padahal, café ini sudah menjadi tempat nongkrong bertahan lama hingga puluhan tahun. Tidak sedikit kalangan kelas atas, pejabat pemerintahan, dan artis terkenal yang mampir ke tempat ini.

 

Tempat ini didirikan pada tahun 1930 dengan nama Chang Chong Se (Silakan mencoba!) dan berubah nama menjadi Warung Kopi Purnama pada tahun 1960-an seiring dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan memakai nama Indonesia. Pendiri Warung Kopi Purnama (generasi ke-1) bernama Jong A Tong, yang berasal dari Kota Medan dan merantau ke Kota Bandung pada awal abad ke-20. Saat ini Warung

 

Ketika masuk ke dalamnya, terlihat barang-barang antik dan berbagai furnitur khas tempo dulu yang terpajang sedemikian rupa. Bangunan bergaya Tionghoa Melayu, furniture antik, foto Bandung tempo dulu, instalasi lampu jadul, dan pajangan lainnya membuat kita seperti berada di zaman dahulu. Semua barang tersebut menjadi penghias yang membuat warung kopi ini penuh kenangan. Beberapa spot di tempat ini pun menjadi cukup instagramable.

 

Meskipun tempatnya heritage, dan tidak sekeren interior coffee shop masa kini, tapi Warung Kopi Purnama tidak pernah sepi pengunjung.

 

Beberapa Fasilitas

Dari segi fasilitas, Warung Kopi Purnama menyediakan tempat duduk untuk smoking dan non smoking area. Fasilitas umum lainnya adalah toilet serta lahan parkir yang tidak terlalu luas, karena berada di ruas jalan utama Alkateri. Sedangkan untuk fasilitas mushola di tempat ini belum tersedia.

 

Meski terkesan warung kopi ala Tionghoa, namun Warung Kopi Purnama tetap menyediakan menu halal. Biasanya pengunjung muslim yang akan memesan menu, akan ditandai kode khusus oleh para pelayan. Kode kusus tersebut bertanda pesanan dari pengunjung muslim. Pesanan kode kusus itu diteruskan ke dapur, yang nantinya disesuaikan juga bahan makanan halal hingga perlengkapan makannya. Bahkan, di dalam dapurnya juga disediakan tempat cuci piring khusus pengunjung muslim. Dengan begitu, pengunjung muslim pun bisa kongkow sekalian mencicipi menu di sini.

 

Untuk menu makanan dan minuman, Warung Kopi Purnama menyediakan hidangan berbagai macam roti, baik itu roti manis atau pun asin. Baraya Kisuta bisa memilihnya untuk dibakar atau dikukus. Harga menu roti yang ditawarkan tempat ini berkisar dari harga 13.000- 27.000 rupiah. Menu roti terbaik dan terfavorit di tempat ini adalah kopi susu dan roti dengan selai srikayanya yang merupakan asli homemade dari kedai ini. Kedua menu ini tidak pernah hilang dari daftar menu warung ini sejak 1930.

 

Jika baraya Kisuta mencari menu makanan utama, warung kopi ini menyediakan menu seperti nasi goreng, mie yamin, soto, dan nasi timbel komplit yang berkisar dari harga 17.000-42.000 rupiah. Tempat ini pun menyediakan menu makanan ringan seperti telur rebus, pisang goreng, lumpia, kentang, sosis, dll yang berkisar dari harga 14.000- 40.000 rupiah.

 

Untuk menemani menu makanan yang dipilih, Warung Kopi Purnama menyediakan daftar menu minuman yang terdiri atas kopi, teh, susu, lemon, jeruk, cincau, kolang-kaling, stroberi, dan kelapa. Minuman tersebut bisa baraya pilih disajikan panas atau dingin.Warung Kopi Purnama pun menyediakan fasilitas wifi gratis bagi setiap pengunjung.

 

Tidak sulit untuk menemukan lokasi Warung Kopi Purnama, karena berada di tengah jantung Kota Bandung. Untuk bisa ke tempat ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Warung Kopi Purnama tepatnya terletak di Jalan Alkateri No. 22, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. Jawa Barat. Warung ini buka setiap hari, mulai Senin hingga Minggu. Pada hari besar pun Warung Kopi Purnama tetap buka, kecuali lebaran dan tahun baru. Jam operasionalnya, buka dari pukul 06.30-22.00 WIB.

 

Jadi, ada yang kurang rasanya kalau ke Bandung tanpa nongkrong di Warung Kopi Purnama. Tempat legendaris, yang telah hampir 90 tahun (sejak 1930) menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi semua kalangan.* harie – kisuta.com


TAG TERKAIT