Senin, 18 Februari 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Indo Wisata Permata Bandung
Tempat Wisata yang Memanjakan Wanita
Rabu, 30 Januari 2019[132]
Tempat Wisata yang Memanjakan Wanita
IST.

KISUTA.com - Anda seorang suami yang mencintai istri, atau lelaki yang menyayangi kekasihnya? Bila iya, pastikan Anda mengajak dan belanja di tempat wisata bertemakan edukasi yang satu ini. Ya, di Indo Wisata Permata (IWP) Bandung, para wanita akan merasa dimanjakan. Dimanjakan kilauan berlian.

 

IWP Bandung yang terkenal sebagai wisata berlian pertama di Asia ini -- wisata sejenis ini hanya ada di Amsterdam--, berlokasi di Kompleks Citra Grand Blok N No 1-10, Kawasan Dago Atas, Kota Bandung. Tempat ini buka setiap harinya, pukul 09.00-17.00 WIB.

 

Untuk harga tiket masuk di tempat yang dibuka sejak Februari 2016 ini, hanya Rp50 ribu perseorang. Tiket ini berbentuk voucher, sehingga jika kita ingin membeli berlian, akan mendapatkan potongan harga. Namun, jika kita tidak ingin membeli berlian, voucher tersebut bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman.

 

Begitu masuk, baraya Kisuta akan disambut ramah oleh petugas. Seketika, kita akan ditemani untuk berkeliling menyaksikan proses pengolahan berlian.

 

Pengunjung pertama kali akan masuk ruang audio visual yang menampilkan film pendek tentang berlian di Indonesia. Terutama daerah-daerah penghasil berlian, salah satunya Martapura di Kalimantan Barat.

 

Selanjutnya, pengunjung akan dibawa ke koridor berikutnya untuk menyaksikan langsung proses pengolahan berlian. Mulai berupa bahan mentah (rough), sampai tampil menawan di jari orang tercinta Anda.

 

Jika melihat langsung, ternyata tahapan proses pembuatan berlian tidak sepanjang yang dikira.

 

Pengunjung akan dipandu untuk melihat secara langsung proses produksi berlian di sebuah ruangan mirip labirin dan melihat melalui kaca transparan. Dimulai dari proses marking hingga mikro setting. Ada empat proses sebelum bongkahan batu (material mentahnya) jadi berlian. Dari filter batunya sampai proses memoles berlian. Di tempat ini berlian dihasilkan akan dibalut sebuah lapisan perekat berupa emas murni. Bahkan emas murni yang dibalurkan sebagai perekat hingga 9 karat. Rentang waktu membuat berlian berkat kecanggihan teknologi di IWP hanya 1-1,5 jam.

 

Pengolahan berlian telah menggunakan teknologi laser mutakhir. Kabarnya semua alatnya didatangkan langsung dari India dan Rusia. Selain itu, staf yang dipekerjakan merupakan beberapa tenaga ahli dari India, karena negara tersebut sudah dikenal terpercaya untuk masalah batu berlian.

 

Keluar dari ruangan pembuatan berlian, pengunjung masuk ke toko berliannya. Kilau berlian langsung akan menyambut. Menggoda siapa saja, terutama para wanita. “Diamonds are a girls best friend,” begitu kata Marlyn Monroe.

 

Tempat ini seperti surga bagi pecandu berlian. Aneka macam perhiasan berlian dari bentuk dan harga tersaji. Totalnya mencapai 3.000 item yang ditampilkan.

 

Dijamin Tidak Minder

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa berlian berharga mahal. Hanya dapat dibeli oleh kalangan menengah ke atas. Rupanya asumsi itu tidak berlaku di IWP Bandung, karena di tempat ini berlian ada yang dibandrol dengan harga di bawah 1 jutaan hingga miliaran.

 

Dengan begini, tidak hanya masyarakat kelas menengah atas yang dapat membeli barang mewah ini. Namun untuk kalangan menengah bawah pun sudah dapat memiliki berlian. Rentang harga termurah untuk jenis berlian yang dijual di sini adalah antara harga 600.000-900.000. Harga itu biasa untuk berlian pada liontin dan cincin.Tentu saja, semua dengan kualitas baik bahkan dilengkapi sertifikat, yaitu sertifikat asli dari Gemological Institute of Amerika (GIA). Harga murah ini, disebabkan proses produksi dilakukan mandiri, jadi bisa menghemat biaya.

 

Hal yang paling asyik, di tempat ini pengunjung dijamin tidak akan merasa minder, meski hanya melihat-lihat. Pelayannya tetap senang hati menunjukkan dan memberikan informasi seputar berlian, dikarenakan prinsipnya di sini berkonsep wisata edukasi.

Setelah puas dan lelah mengenal berlian, pengunjung bisa langsung ke kafe yang

disediakan pengelola IWP Bandung. Kafe yang berada di lantai 6 gedung ini, selain bisa digunakan bersantai, dari lokasi kafe pengunjung dapat sekalian menikmati pemandangan indah dari atas gedung.

 

IWP Bandung letaknya tepat berada di kaki bukit Dago, sehingga udara di sekitar terasa sejuk. Jadi selain mendapat edukasi, bisa berbelanja berlian, juga dapat refreshing diri dari penat karena aktivitas sehari-hari. Tentunya, bagi sang istri atau wanita terkasih, kepenatan itu serta-merta akan terusir jauh bila di jari manis atau di leher mereka kini dihiasi berlian!* harie - kisuta.com


TAG TERKAIT