Senin, 18 Februari 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Bumbu Dapur Penggempur Lemak dalam Darah
Minggu, 3 Februari 2019[119]

KISUTA.com - Ingin menurunkan lemak atau trigliserida dalam darah tapi enggan mengonsumsi obat-obatan kimia. Jangan khawatir, meskipun tanpa mengonsumsi obat-obatan kimia, Anda tetap bisa menurunkan lemak dalam darah penyebab penyakit jantung. Sejumlah bumbu dan rempah yang sering Anda jumpai dalam masakan, mempunyai manfaat untuk menurunkan lemak dalam darah.

 

Dilansir oleh Daily Health Post, penelitian yang dipimpin oleh Prof. Sheila West dari Penn State, menemukan bahwa antioksidan dalam rempah dan bumbu masakan bisa mengontrol lemak dalam darah. Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Today , menganalisis efek herbal dan rempah terhadap metabolisme tubuh.

 

Para peneliti menemukan, tingkat trigliserida dalam darah meningkat ketika seseorang mengonsumsi makanan berlemak. Jika tidak dikendalikan, hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi makanan dan rempah tertentu, tingkat trigliserida bisa dikurangi hingga 30 persen.

 

Sahabat kisuta.com pasti penasaran, bumbu dapur dan rempah-rempah apa saja yang bisa mengurangi lemak dalam darah? Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Sheila West dan teman-temannya, bumbu dapur dan rempah-rempah yang bisa mengurangi lemak dalam darah adalah, bawang putih, rosemary, oregano, kayu manis, bawang merah, paprika, kunyit, jahe, dan merica hitam.

 

Suplemen kunyit dikombinasikan dengan diet yang sehat dan olahraga teratur bahkan diketahui bisa menurunkan tingkat trigliserida hingga 60 persen. Efek rempah dan bumbu makanan ini terhadap lemak dalam darah diketahui lebih efektif dibanding obat yang digunakan pada terapi.

 

Saat ini West dan koleganya tengah melakukan penelitian lebih jauh untuk mengetahui bagaimana efek bumbu makanan tersebut bila dicampurkan dengan makanan berlemak. Untuk saat ini, menggunakan bumbu dan rempah di atas pada makanan bisa dilakukan untuk mengontrol tingkat lemak dalam darah.* Ki Suta – kisuta.com


TAG TERKAIT