Kamis, 21 Maret 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Santolo, Pantai nan Elok Unggulan Garut
Rabu, 13 Maret 2019[137]
Santolo, Pantai nan Elok Unggulan Garut
HARIYAWAN/KISUTA.com

KISUTA.com - Salah satu destinasi wisata unggulan di Garut adalah Pantai Santolo. Pantai yang begitu elok dan terus menata diri ini, terletak di daerah Pameungpeuk, tepatnya di Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 90 km dari pusat Kota Garut dan memakan waktu tempuh 3,5 jam.

 

Udara pantai yang sejuk, dipadu hamparan pasir putih yang berdampingan dengan ombak laut yang berkilau bagai cahaya permata, menjadi daya tarik keindahan tempat wisata ini. Deretan terumbu karang yang menawan, menjadi rumah bermacam biota laut alami. Baraya Kisuta pun bisa menikmati sunset dan sunrise, yang merupakan salah satu momen fenomena yang paling ditunggu semua orang yang berkunjung ke pantai. Bagi yang gemar berfotografi, di sini juga bisa menjadi salah satu alternatif background foto.

 

Pantai Santolo menjadi tempat berkumpulnya para nelayan tradisional yang melaut dan merupakan daerah kegiatan nelayan sebagai dermaga kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Dari bibir Pantai Santolo, kita akan menemukan pemandangan yang sangat menakjubkan, salah satunya Muara Cilauteureun. Cilauteureun dalam bahasa Sunda berarti laut yang berhenti, karena air di sana begitu tenang, seolah-olah berhenti. Keunikan di muara ini, aliran airnya berasal dari laut menuju ke sungai, bukan sebaliknya. Jadi sangat disayangkan bila kita tidak mengabadikan fenomena ini.

 

Beragam Aktivitas Bisa Dilakukan

Beragam aktivitas bisa pengunjung lakukan di Pantai Santolo, seperti berenang di tepi pantai, menikmati keindahan laut dan pantai secara langsung, foto selfie, dan lain-lain. Bagi yang suka permainan ekstrem, dengan mengeluarkan dana Rp25.000/seorang, kita bisa menaiki banana boat yang mampu memacu adrenalin kita.

 

Bagi penggemar mancing, sangat memungkinkan melakukan aktivitas mancing di Pantai Santolo. Aktivitas mancing bisa di area pelabuhan atau TPI dan di dermaga seberang area parkir, bahkan bisa dilakukan di laut lepas dengan menyewa perahu milik warga sekitar.

 

Bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas berenang di tepi pantai, utamakan selalu keselamatan dengan mematuhi peraturan yang ada. Meskipun aktivitas berenang di pantai ini sudah menjadi kebiasaan dari dulu, namun bukan berarti selamanya aman dari bahaya yang mengancam keselamatan pengunjung karena kondisi laut sulit diprediksi.

 

Untuk pengunjung yang hendak bermalam, jangan khawatir karena di sekitar pantai tersedia cukup banyak penginapan dengan beragam tipe yang bisa pengunjung pilih sesuai kebutuhan serta budget. Selain penginapan dan bungalow, kita pun bisa memilih rumah sewa untuk menginap.

 

Untuk urusan makan pun pengunjung tidak perlu khawatir, karena di sini sudah banyak restoran dan rumah makan biasa yang buka 24 jam, terutama weekend. 80% menu makanan di setiap restoran atau rumah makan adalah seafood dan ikan bakar.

 

Harga Tiket dan Rute

Belum lama ini, harga tiket masuk pantai Santolo adalah Rp5,000/seorang dan tarif parkir Rp5,000/kendaraan.

 

Sedikitnya ada empat rute yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke Pantai Santolo.

Rute 1: Garut – Cikajang – Cikelet – Pameungpeuk. Ini merupakan rute umum yang bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Bagi kita yang melewati rute ini, disarankan untuk berhati-hati karena jalan yang berkelok-kelok tajam. Rute ini banyak ditempuh oleh wisatawan dari kabupaten Tasik, Bandung, Jakarta, dan kota lainnya.

 

Rute 2: Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk. Jalur ini lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum. Tetapi sebagai gantinya, kita disuguhi pemandangan sangat bagus.

 

Rute3 : Untuk yang dari Bandung bisa menggunakan jalur Rancabali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Santolo, atau dengan jalur alternatif yaitu melewati Pangalengan.

 

Rute 4: Untuk pengunjung dari Pangandaran dan Tasik bisa menggunakan jalur lintas Selatan Cipatujah. Saat ini kondisi jalan lintas Selatan sangat baik.

 

Jalur mana pun yang kita pilih, yang penting bisa sampai di Pantai Santolo dengan selamat. Nikmatilah pantai unggulan di Garut ini.* harie – kisuta.com


TAG TERKAIT