Jumat, 19 April 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CerahWisata & Sejarah
Karedok Cihapit, Lezat dan Menyehatkan
Jumat, 5 April 2019[111]
Karedok Cihapit, Lezat dan Menyehatkan
Hariyawan/KISUTA.com

KISUTA.com – Bagi pemburu kuliner lezat dan menyehatkan, karedok termasuk salah satu yang menjadi incaran. Betapa tidak? Makanan khas Sunda ini 100 persen terdiri atas beraneka sayuran mentah yang fresh, ditambah daun kemangi dan lontong yang disiram bumbu kacang. Ada juga karedok yang menggunakan leunca dan ranti sebagai bahan utama.

 

Karedok adalah jenis makanan yang hampir mirip dengan lotek, pecel, dan gado-gado. Tetapi dalam penyajiannya, sayuran pada karedok tidak direbus terlebih dahulu, melainkan disajikan secara mentah kemudian di atasnya disiram bumbu kacang.

 

Bahan isian karedok di antaranya mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan saus bumbu kacangnya terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

 

Warung Lotek Cihapit

Salah satu penjual karedok yang terkenal di Bandung adalah Warung Lotek Cihapit. Warung ini berlokasi di Jalan Cihapit, No. 06, Kota Bandung. Persisnya terletak di seberang BRI Cihapit atau Kantor Polsekta Bandung Wetan.

 

Hal yang menjadikan karedok di warung ini lebih istimewa adalah bumbu kacangnya yang gurih dan melegenda. Karedoknya banyak dipuji karena rasanya yang netral, tidak condong ke manis dan pedas. Saus kacangnya memang sama sekali tidak mengandung rasa pedas. Sambal disediakan terpisah, sehingga semua kalangan bisa menikmatinya.

 

Tidak hanya itu, sajian kerupuk warna pink memberikan gigitan berbeda saat mengunyahnya.

 

Karedok di warung ini juga bisa disantap bersama lontong atau nasi, sehingga dapat lebih mengenyangkan perut saat menyantapnya.

 

Selain karedok dan lotek, di warung ini terdapat beberapa menu lain yang patut dicoba. Di antaranya kupat tahu, tahu petis, soto ayam, soto babat, dan gule kambing. Untuk menu minumannya, kita bisa memesan es campur, es kelapa muda, es jeruk, dan es susu soda.

 

Bagi baraya yang tidak ingin makan makanan berat, juga bisa memesan camilan seperti rujak ulek dan rujak cingur.

 

Warung Lotek Cihapit sudah dirintis hampir 50 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1970 oleh Ibu Siti yang kala itu hanya menjual lotek di tempat itu. Barulah pada 1994, Warung Lotek Cihapit semakin berkembang dan menambahkan karedok sebagai satu di antara menu andalannya.

 

Kini Warung Lotek Cihapit dikelola oleh Yuyu dan Nunung sebagai generasi penerusnya.

 

Diakui Nunung, hampir semua menu yang terdapat di Warung Lotek Cihapit disukai oleh pengunjung.

 

"Tidak hanya enak, harga makanan di Warung Lotek Cihapit relatif ringan di kantong," aku Nunung.

 

Warung Lotek Cihapit memang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat akhir pekan atau hari libur. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Bandung, tetapi wisatawan luar Bandung juga banyak yang berdatangan.

 

Bagi baraya yang tertarik mencoba, untuk satu porsi karedoknya cukup membayar Rp18.000-Rp20.000. Sedangkan untuk menu lainnya dihargai mulai dari Rp7.500 - Rp 20.000 per porsinya.

 

Warung Lotek Cihapit Ibu Siti di buka setiap hari pada pukul 07.00 WIB - 17 .00 WIB.

 

Jadi bagi baraya pecinta kuliner lezat dan menyehatkan, hendaknya segera mendekat ke Warung Lotek Cihapit ini.* harie – kisuta.com


TAG TERKAIT