Rabu, 19 Juni 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Cara Aman Mengatasi Asam Lambung
Kamis, 11 April 2019[168]

KISUTA.com - Kebiasaan buruk saat dan sesudah makan maupun memilih makanan yang akan dikonsumsi, menjadi penyebab munculnya penyakit asam lambung. Asam lambung sebenarnya mempunyai manfaat bagi tubuh, yaitu untuk membunuh bakteri yang dibawa masuk bersama makanan serta untuk menstabilkan zat gula dan merangsang kerja usus, hati, dan pancreas dalam mencerna makanan. Namun, asam lambung yang berlebih menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung.

 

Penderita asam lambung akan merasakan rasa tidak nyaman seperti nyeri dan terbakar di bagian perut, ulu hati hinggda dada. Selain itu, mulut akan terasa asam yang menandakan tingkat asam lambung tinggi. Penderita asam lambung yang sudah kronis akan mengalami feses berdarah, batuk kering, sakit tenggorokan hingga berat badan turun.

 

Untuk mengobati asam lambung, beberapa cara dapat dilakukan. Salah satu caranya adalah memperbaiki kebiasaan makan yang buruk. Hindarilah berbaring setelah makan atau makan makanan ringan sebelum tidur. Selain itu, hindari juga makanan yang dapat membuat produksi asam lambung naik.

 

Selain memperbaiki kebiasaan, ada juga beberapa cara mudah lain yang dapat dilakukan untuk mengobati asam lambung. Dikutip dari everydayroots, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung.

 

Mengunyah Permen Karet: Sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Dental Research menemukan bahwa mengunyah permen karet bebas gula setelah makan selama 30 menit dapat mengurangi produksi asam lambung. Hal ini dapat terjadi karena permen karet membantu merangsang pelepasan air liur. Air liur dapat membersihkan asam yang ada dalam perut dengan cepat.

 

Makan Pisang atau Apel: Cara mudah kedua untuk atasi asam lambung adalah konsumsi pisang atau apel.Cobalah untuk konsumsi satu buah pisang atau satu buah apel beberapa jam sebelum tidur. Zat dalam pisang atau apel dapat menghilangkan atau mengurangi ketidaknyamanan karena produksi asam berlebih.

 

Minum Baking Soda: Sifat basa dalam baking soda dapat menghilangkan asam. Cara mengonsumsinya, campurkan setengah sampai satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air saat asam lambung terasa tinggi. Meskipun begitu, konsumsi baking soda tidak boleh terlalu sering. Jangan gunakan baking soda setiap terasa asam lambung karena kandungan sodium bikarbonatnya dapat memberikan beberapa efek samping seperti mual.

 

Mengonsumsi Lidah Buaya: Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat, termasuk mengatasi asam lambung berlebih. Konsumsi lidah buaya berguna untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Anda hanya perlu mengonsumsi setengah gelas lidah buaya sebelum makan.

 

Minum Teh Jahe: Jahe juga dapat meringankan penyakit asam lambung. Cobalah untuk minum secangkir teh jahe segar sekitar 20 menit sebelum makan.* Ki Suta – kisuta.com


TAG TERKAIT