Senin, 21 Oktober 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Belimbing
Penurun kadar Kolesterol dan Hipertensi
Minggu, 11 Agustus 2019[211]
Penurun kadar Kolesterol dan Hipertensi
IST.

BUAH belimbing merupakan buah segar yang banyak disukai orang. Selain rasanya yang nikmat, buah belimbing ternyata berkhasiat sebagai obat karena kaya dengan berbagai zat yang dibutuhkan tubuh.*

KISUTA.com - Belimbing manis atau kita cukup menyebutnya belimbing. Tanaman buah yang satu ini cukup dikenal karena banyak ditanam di pekarangan rumah. Bentuk buahnya pun unik, bila dipotong memiliki penampang yang berbentuk bintang sehingga orang Inggris menyebutnya starfruit. Belimbing manis (averhoa carambola) merupakan tumbuhan asli Indonesia.

 

Buah belimbing merupakan buah segar yang banyak disukai orang. Enak kalau dirujak pun segar jika dijus untuk diminum, bahkan enak kalau dimakan begitu saja.

 

Selain rasanya yang nikmat, buah belimbing ternyata berkhasiat sebagai obat karena kaya dengan berbagai zat yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, sodium, seng, asam pantotenat, besi, tembaga gula, serat folat, kalori, magnesium, fosfor, natrium dan juga niacin.

 

Berikut beberapa manfaat buah belimbing untuk pengobatan, yang Ki Suta dapatkan dari berbagai sumber dan pengalaman.

 

Mengurangi kolesterol - Buah belimbing mengandung zat pektin, zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Caranya mudah, lakukan rutin makan buah belimbing masak setiap pagi dan sore, sekali makan satu buah.

 

Mengatasi hipertensi - Buah belimbing dapat membantu mengatasi hipertensi, karena memiliki kandungan kadar kalium yang cukup tinggi serta natrium yang cukup rendah. Ini juga dilakukan rutin memakan buah belimbing yang sudah masak. Cara yang lebih efektif, ambil dua buah belimbing yang masih hijau (muda), diparut kemudian diperas untuk diambil airnya. Diminum sekaligus, sekali setiap hari.

 

Melancarkan pencernaan - Buah belimbing memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu proses pencernaan tubuh kita. Sering-seringlah mengonsumsi buah belimbing, bisa dijus atau dimakan langsung.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh - Sering mengonsumsi buah belimbing baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini kaya akan kandungan vitamin khususnya vitamin A dan vitamin C. Dalam kedua vitamin tersebut terdapat zat yang berfungsi sebagai antioksidan, dan hal tersebut dapat membantu tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

 

Ki Suta ingatkan, pada beberapa kasus buah belimbing cukup berbahaya untuk dikonsumsi. Buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan penderita penyakit ginjal. Mengkonsumsi buah ini akan memperparah penyakitnya karena kadar gula dan kandungan Asam Oxalat yang tinggi yang terdapat dalam buah ini.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT