Sabtu, 21 September 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Singkong
Sumber Karbohidrat yang Berkhasiat Obat
Senin, 19 Agustus 2019[129]
Sumber Karbohidrat yang Berkhasiat Obat
Ki Suta/kisuta.com

KISUTA.com - Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu tanaman yang multifungsi. Selain sebagai makanan sumber karbohidrat, singkong juga bisa dijadikan sebagai obat.

 

Singkong (Manihot utilissima) merupakan tanaman asli Brasil. Mulai dikenal di Indonesia pada abad 18 yang langsung mendapat tempat di hati masyarakat. Selain mudah dalam membudidayakannya, tanaman ini juga sempat menjadi pengganti beras di saat harga beras melambung tinggi.

 

Singkong merupakan tanaman yang cukup unik. Berbatang getas yang tingginya bisa mencapai 2 hingga 4 meter. Daun singkong berbentuk seperti jari di mana anak daun menjari dari ujung tangkai daun. Tanaman ini juga bisa tumbuh di mana saja, baik di dataran rendah maupun di daerah yang cukup tinggi hingga 1.500 meter di atas permukaan laut.

 

Umbi singkong memang dipercaya sebagai makanan pengganti nasi. Sementara daunnya memiliki kandungan zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor, protein, hidrat arang dan zat besi.

 

Berikut khasiat dan manfaat singkong untuk pengobatan yang berhasil Ki Suta rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman.

 

Rematik: Ambil 5 lembar daun singkong yang sudah bersih. Tumbuk bersama dengan 15 gram jahe merah dan kapur sirih secukupnya. Tambahkan sedikit air bila perlu. Setelah semua bahan tercampur rta, oleskan pada bagian yang terasa sakit. Lakukan hal tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Untuk diminum, ambil 1 potong batang singkong direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 4 gelas. Kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 

Demam: Ambil 1 potong batang singkong lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Untuk kompres, ambil 3 lembar daun singkong lalu ditumbuk halus.

 

Sakit kepala: Ambil 3 lembar daun singkong lalu ditumbuk halus. Gunakan untuk kompres.

 

Diare: Ambil 7 lembar daun singkong, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 

Mata sering kabur: Daun singkong secukupnya direbus, diberi garam dan bawang putih secukupnya. Dimakan bersama nasi setiap hari.

 

Luka bakar: Satu potong umbi singkong diparut dan diperas untuk diambil airnya, dan diniarkan beberapa saat sampai tepungnya mengendap. Tepung (pati) dioleskan pada bagian yang luka.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT