Sabtu, 21 September 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Mengkudu
Solusi Atasi Berbagai Masalah Kesehatan dan Kecantikan
Rabu, 28 Agustus 2019[130]
Solusi Atasi Berbagai Masalah Kesehatan dan Kecantikan
IST.

SELAIN untuk kesehatan, mengkudu saat ini banyak digunakan untuk kecantikan. Beragam produk kecantikan dari mengkudu sudah banyak dijual di pasaran, seperti pewarna rambut, lulur, dan masker.*

KISUTA.com - Dalam pengobatan herbal, buah mengkudu atau buah noni dikenal sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Buah dengan nama ilmiah Morinda Citrifolia ini, diklaim mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk mengatasi hipertensi.

 

Kandungan mineral, vitamin, dan nutrisi yang ada pada mengkudu, memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Mengkudu juga mengandung proxeronine yang ketika dikonsumsi sebelum makan akan berubah menjadi xeronine, yaitu fitokimia yang memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh manusia.

 

Selain untuk kesehatan, mengkudu saat ini banyak digunakan untuk kecantikan. Beragam produk kecantikan dari mengkudu sudah banyak dijual di pasaran, seperti pewarna rambut, lulur, dan masker.

 

Manfaat mengkudu untuk kesehatan sudah banyak dibahas. Kali ini kisuta.com akan memberikan informasi terkait manfaat mengkudu untuk kecantikan, baik wajah maupun rambut yang dikutip dari Style Craze.

 

Mengatasi Jerawat - Mengkudu tak hanya mengandung bahan antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang cukup kuat. Mengkudu juga mengandung berbagai antioksidan , salah satunya vitamin C. Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas yang memicu kerusakan sel karena berbagai masalah kulit. Baik antibakteri, antiinflamasi, antivirus, dan antioksidan dalam mengkudu sangat baik untuk mengatasi jerawat. Antioksidan akan melindungi kulit dari efek jerawat dan membantu memperbaiki kerusakan sel. Sedangkan antibakteri, antiinflamasi, dan antivirus dalam mengkudu akan mencegah peradangan dan infeksi lebih jauh. Ini dibutuhkan agar jerawat cepat kering, tidak berubah merah, bengkak, dan bernanah.

 

Antipenuaan Dini - Garis-garis halus, kekusaman, kulit kering, dan keriput yang muncul akibat paparan sinar ultra violet, polusi, stres, dan penggunaan bahan kimia dalam komestik, dapat diatasi dengan mengkudu. Vitamin C dan phytochemical yang terkandung dalam buah mengkudu akan bekerja sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit kehilangan keremajaan. Selain itu buah mengkudu juga mengandung selenium yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit dari dalam.

Anda bisa meniru resep artis dunia, Miranda Kerr yang rutin mengonsumsi jus mengkudu segar untuk mencegah penuaan dini. Pilih mengkudu yang sudah matang untuk membuat jus. Jangan tambahkan rasa aroma, karena justru akan menghilangkan nutrisi dalam buah mengkudu.

 

Mengatasi Peradangan Kulit - Sifat antiinflamasi yang dimiliki buah mengkudu, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan pada kulit, baik yang disebabkan jerawat, sengatan sinar matahari yang berlebihan, psoriasis, atau alergi. Antihistamin dalam mengkudu juga bisa membantu menghentikan peradangan ini. Oleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau air perasan buah mengkudu di kulit yang mengalami masalah. Diamkan sekitar 10 menit, baru kemudian dibilas.

 

Mengatasi Rambut Rontok - Mengkudu ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Vitamin dan mineral dalam mengkudu akan membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah dan nutrisi ke kulit kepala. Dengan begitu pertumbuhan rambut tidak akan terganggu dan kesehatan kulit kepala yang diperlukan untuk menahan akar rambut akan terjaga. Minum jus mengkudu secara teratur akan mencegah rambut Anda rontok. Selain dijus, buah mengkudul yang sudah dihaluskan bisa digunakan untuk creambath sebagai perawatan luar.

 

Mengatasi Ketombe - Karena mengkudu mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan, buah ini juga bisa mengatasi ketombe, terutama yang disebabkan oleh bakteri dan infeksi jamur. Oleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau jus buah mengkudu di kulit kepala Anda setiap kali keramas. Biarkan beberapa saat, baru kemudian dibilas. Sifat asam dalam mengkudu juga akan menyeimbangkan pH kulit kepala. pH yang seimbang ini diperlukan untuk menjaga ketahanan kulit dari serangan infeksi kuman dan bakteri.

 

Mengatasi Kutu - Bagi Anda yang anaknya mempunyai kutu di rambut, bisa menggunakan jus mengkudu untuk mengatasinya. Jus buah mengkudu telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai pengobatan kutu. Gigitan kutu yang sering memicu infeksi pada kulit kepala bisa diatasi dengan mengkudu. Selain itu sifat antibakteri dan antivirus pada mengkudu juga dapat memerangi infeksi dengan memaksa kutu untuk menjauh. Keramas dengan jus mengkudu secara teratur akan menyingkirkan kutu berikut larva kutu sekaligus menyembuhkan infeksi yang disebabkan gigitannya.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT