Sabtu, 21 September 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Sirih
Tanaman Merambat yang Berkhasiat sebagai Obat
Rabu, 4 September 2019[110]
Tanaman Merambat yang Berkhasiat sebagai Obat
Ki Suta/kisuta.com

SIRIH merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk obat-obatan.*

KISUTA.com - Tanaman ini begitu dekat dengan ibu-ibu generasi tua untuk kelengkapan ‘nginang’. Meski sekarang kebiasaan nginang sudah jarang bahkan nyaris punah, bukan berarti tanaman sirih begitu saja tersisih. Seureuh (Sunda), suruh (Jawa) atau pipier betle (Latin) ini masih menyimpan berbagai manfaat, terutama untuk obat-obatan. Sirih termasuk jenis tumbuhan merambat dan bersandar pada batang pohon lain.

 

Tanaman ini panjangnya mampu mencapai puluhan meter. Bentuk daunnya pipih menyerupai jantung dan tangkainya agak panjang. permukaan daun berwarna hijau dan licin, sedangkan batang pohonnya berwarna hijau kecoklatan dan permukaan kulitnya kasar serta berkerut-kerut.

 

Tanaman yang bersaudara dekat dengan merica ini, rasanya seperti rempah-rempah dan banyak ditanam di halaman rumah. Sirih mudah distek dan akan tumbuh subur hanya dengan diberi pupuk kandang. Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan sirih, seperti sifilis, sakit jantung, keputihan, diare, bronkhitis, batuk, sakit mata, eksim, menghilangkan bau mulut hingga mampu menghilangkan jerawat. Berikut beberapa ramuan dari sirih yang bisa dimanfaatkan.

 

Sifilis: ambil 25-30 lembar daun sirih bersama tangkainya. Siapkan 1/4 kg gula merah dan garam secukupnya. Bahan tersebut direbus bersama dengan dua liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Air rebusan tersebut diminum tiga kali sehari secara terus menerus.

 

Sakit Jantung: siapkan tiga lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok jintan putih. Bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah air panas dan biarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Air perasan tersebut diminum dua kali sehari dan dilakukan secara teratur.

 

Diare: siapkan 5 lembar daun sirih, 6 biji lada, dan satu sendok makan minyak kelapa. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Kemudian digosokkan pada bagian perut.

 

Bronkhitis: siapkan 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama gula batu dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, dan disaring. Diminum 3 kali sehari 3 sendok makan.

 

Batuk: ambil 6 lembar daun sirih, dan gula batu secukupnya. Daun sirih tersebut direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Diminum dua kali sehari satu cangkir, setiap kali minum ditambah dengan gula batu secukupnya.

 

Eksim: segenggam daun sirih, segenggam daun cabe, satu butir buah pinang yang telah dihaluskan. Bahan tersebut direbus dengan satu liter air sampai mendidih. Air rebusan tersebut dalam keadaan hangat dipakai untuk kompres bagian yang sakit.

 

Menghilangkan jerawat: ambil 4-6 lembar daun sirih. Daun sirih tersebut ditumbuk halus, kemudian dipakai sebagai lompres dan dilakukan setiap malam.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT