Sabtu, 21 September 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Tentang Kentang, Makanan Ajaib Itu...
Selasa, 10 September 2019[108]
Tentang Kentang, Makanan Ajaib Itu...
Ki Suta/kisuta.com

SELAIN mengandung karbohidrat, kentang mengandung beragam mineral, nutrisi, dan vitamin penting, sehingga cocok untuk mereka yang diet. Sehingga banyak orang menyebut kentang sebagai “makanan ajaib”.*

KISUTA.com - Kentang banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet. Selain mengandung karbohidrat, kentang memang mengandung beragam mineral, nutrisi, dan vitamin penting, sehingga cocok untuk mereka yang diet. Sehingga banyak orang menyebut kentang sebagai “makanan ajaib”.

 

Sebuah studi menyebutkan bahwa kentang sangat baik bagi tubuh dibandingkan dengan “tradisional food” seperti pisang, brokoli, beetroot, kacang-kacangan, dan alpukat. Satu biji kentang memiliki lima kali serat dibandingkan dengan pisang dan juga memiliki lebih vitamin C dari tiga alpukat.

 

Penelitian terbaru juga menemukan bahwa kentang berisi lebih banyak mineral selenium dari semua biji dan kacang-kacangan yang dimakan rata-rata anak. Penelitian ini telah selesai dibuat oleh ahli gizi Sigrid Gibson atas nama Potato Council.

 

Tekstur kentang yang lembut, sangat mudah dipadukan dengan aneka bumbu. Kentang juga sangat mudah diolah, seperti dikukus, dipanggang, digoreng, dibuat bubur atau dibuat pure. Hal ini semakin memudahkan mengonsumsi kentang, si “makanan ajaib”. Berikut ada lima manfaat mengonsumsi kentang bagi kesehatan.

 

Mudah dicerna: Kentang kaya karbohidrat, mudah dicerna dan baik dikonsumsi bagi yang memiliki sistem pencernaan sensitif. Selain itu juga mengandung serat larut dan tidak larut, untuk menjaga kesehatan usus.

 

Meningkatkan fungsi otak: Kandungan karbohidrat sederhana dalam kentang, dapat membantu meningkatakan kadar gula darah yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Umbiini juga mengandung sejumlah vitamin B6 dan asam folat.

 

Kaya antioksidan: Di dalam kentang juga terkandung fitonutrien dan antioksidan, termasuk ceratoniod dan flavonoid. Senyawa ini untuk melindungi kerusakan radikal bebas. Sedangkan patatin merupakan jenis proteinn, diketahui sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan.

 

Menyehatkan kulit: Mengonsumsi kentang dengan rutin, juga dapat menghaluskan kulit. Karena mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, kalium, zink, fosfor dan magnesium. Bahkan di Amerika Latin, kentang sering dibuat jus untuk obat anti jerawat.

 

Stabilkan tekanan darah: Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkapkan bahwa kentang merupakan sumber kaya kukoamines. Senyawa ini dapat menyembuhkan hipertensi dan menstabilkan fungsi jantung.* Ati - kisuta.com


TAG TERKAIT