Rabu, 20 November 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Kelor
Pohon Ajaib, Obat Lebih 300 Penyakit
Selasa, 22 Oktober 2019[200]
Pohon Ajaib, Obat Lebih 300 Penyakit
IST.

POHON kelor atau dikenal juga dengan nama pohon Moringa, yang diambil dari nama latin tanaman ini, yaitu Moringa oleifera yang dikenal di hampir seluruh belahan dunia ini, mempunyai julukan sebagai “Miracle Tree” atau “Pohon Ajaib”.* 

KISUTA.com - Sebagian masyarakat Indonesia mengenai pohon kelor sebagai pohon penangkal kekuatan mistis. Mereka mempercayai, daun pohon kelor bisa meruntuhkan kekebalan seseorang terhadap senjata tajam termasuk peluru. Daun kelor juga diyakini bisa menangkal kekuatan mistis seperti santet.

 

Selain dikaitkan dengan kekuatan mistis, pohon kelor juga merupakan tanaman kehidupan karena seluruh bagian dari pohon ini bisa dikonsumsi. Buahnya yang masih muda bisa langsung dimakan mentah atau dimasak seperti kacang hijau atau kacang polong. Buah yang sudah masak (tua) jika digoreng rasanya seperti kacang tanah. Buah ini memiliki kandungan 40% bahan minyak mentah yang digunakan untuk memproduksi minyak goreng.

 

Daunnya juga bisa digunakan sebagai sayuran untuk lalapan. Dalam setiap batang daun kelor mengandung 125% kalsium, 61% magnesium, 41% kalium, 71% zat besi, 272% vitamin A dan 22% vitamin C. Wah, benar-benar daun yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

 

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang masih di dalam masa pertumbuhan untuk mengonsumsi kelor. Mengapa? Karena ternyata kelor mengandung Potasium tiga kali lipat lebih banyak dari pada pisang. Juga mengandung Kalsium empat kali lipat lebih banyak daripada susu; mengandung vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak dari jeruk; mengandung vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari wortel; serta mengandung protein dua kali libat lebih banyak dari susu.

 

Pohon kelor atau dikenal juga dengan nama pohon Moringa, yang diambil dari nama latin tanaman ini, yaitu Moringa oleifera yang dikenal di hampir seluruh belahan dunia ini, mempunyai julukan sebagai “Miracle Tree” atau “Pohon Ajaib”. Mengapa? Karena selama ribuan tahun lalu telah digunakan oleh nenek moyang manusia sebagai obat. Hingga pada akhir tahun 1940, pohon ini baru dibuktikan khasiatnya secara medis melalui uji penelitian.

 

Pohon ajaib ini bahkan bisa mengobati lebih dari 300 jenis penyakit, mengandung lebih dari 90 nutrisi dan memiliki 45 antioksidan. Pohon ini memiliki banyak kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, menjaga kadar gula darah, memiliki sifat anti inflamasi, anti penuaan, meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan energi, dan masih banyak lagi.

 

Tidak hanya itu saja, pohon ini juga terbukti mengandung senyawa anti kanker, yang berguna untuk mencegah sel – sel kanker tumbuh dan menyebar. Berikut beberapa resep dari pohon kelor untuk mengobati beberapa penyakit.

 

Alergi - Untuk mengatasi alergi, ambil tiga gagang daun kelor dan direbus, adas pulasari secukupnya, ditambah satu siung bawang merah, dan ditambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.

 

Herpes, Kurap, Luka Bernanah - Ambil tujuh gagang daun kelor lalu tumbuklah sampai halus kemudian diitempelkan pada bagian yang bermasalah.

 

Sakit Mata - Ambil tiga gagang daun kelor, lalu di tumbuk hingga halus dan ditambahkan air satu gelas, di aduk sampai merata, lalu diamkan sampai mengendap ampasnya untuk digunakan airnya untuk tetes mata.

 

Rematik, Pegal, Linu, Nyeri - Ambillah dua gagang daun kelor dan kapur sirih sebanyak setengah sendok makan, lalu di tumbuk sampai halus, setelah halus gosok pada bagian tubuh yang sakit sebagai param.

 

Menghilangkan flek di wajah - Ambilah beberapa daun yang masih muda, tumbuk sampai sangat halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak.* Ki Suta – kisuta.com


TAG TERKAIT