Rabu, 20 November 2019Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Kapulaga
Ratunya Rempah, Manfaatnya Melimpah
Sabtu, 2 November 2019[130]
Ratunya Rempah, Manfaatnya Melimpah
IST.

KAPULAGA biasa digunakan untuk kesehatan. Sejumlah obat tradisional, menggunakan kapulaga sebagai salah satu bahan ramuannya.*    

KISUTA.com - Banyak sekali kuliner Indonesia yang menggunakan kapulaga sebagai penambah aroma sekaligus citarasa. Ya, aromanya yang begitu kuat, membuat kapulaga dijuluki sebagai “ratunya” rempah-rempah.

 

Kapulaga banyak dijual di pasar. Ada dua kapulaga yang dikenal masyarakat, yaitu kapulaga hijau dan hitam. Dua-duanya sama-sama digunakan untuk menambah citarasa dan aroma.

 

Kapulaga hitam, selain untuk memasak, juga biasa digunakan untuk kesehatan. Sejumlah obat tradisional, menggunakan kapulaga sebagai salah satu bahan ramuannya. Seperti untuk menyeimbangkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, serta mengontrol irama detak jantung.

 

Minyak kapulaga juga banyak digunakan untuk merawat kecantikan, seperti untuk membuat rambut mengkilap, kuat, dan tebal. Salain itu untuk mengurangi kerutan pada wajah, serta mampu menjadikan kulit terlihat bersinar alami.

 

Daripada sahabat kisuta.com penasaran tentang manfaat kapulaga bagi kesehatan dan kecantikan, lebih baik baca saja informasi berikut ini. Manfaat kapulaga untuk kesehatan antara lain untuk:

 

Memelihara Pencernaan - Kapulaga hitam mampu membantu masalah pada pencernaan, dengan merangsang kelenjar lambung dan usus. Hal ini berguna untuk meningkatkan sekresi cairan dalam perut, sehingga asam lambung turun.

 

Menyehatkan Jantung - Kapulaga hitam mampu mengontrol irama jantung, menyeimbangkan tekanan darah, dan mengurangi pembekuan darah.

 

Mengurangi Asma - Bagi penderita asma, mengunyah kapulaga mampu meningkatkan aliran darah ke paru-paru, sehingga mengurangi masalah pada paru-paru.

 

Kesehatan Gigi - Mengunyah beberapa kapulaga hitam mampu mengurangi masalah pada mulut, seperti bau mulut, gusi berdarah, kerusakan gigi dan lainnya.

 

Melancarkan Urin - Kapulaga merupakan diuretik alami, yang dapat mencegah dehidrasi, membersihkan saluran kemih, dan menjaga kesehatan ginjal.

 

Mencegah Kanker - Dalam setiap biji kapulaga hitam, terdapat zat anti-karsinogenik, serta mampu meningkatkan jumlah antioksidan, dan mencegah sel-sel kanker berkembang.

 

Detoksifikasi Alami - Kapulaga hitam merupakan detoksifikasi alami, yang akan membentu mengeluarkan racun, radikal bebas, dan cairan dalam tubuh yang berbahaya.

 

Anestesi - Minyak esensial yang terkandung di dalamnya, mempu mengurangi sakit kepala. Ini merupakan anestesi alami, serta menenangkan saat stres, kelelahan dan mual.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh - Seperti antiseptik dan anti-bekteri, kapulaga hitam memberikan perlindungan terhadap infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Meningkatkan Sirkulasi Darah - VItamin C yang terdapat dalam kapulaga, mampu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga tubuh kembali segar.

 

Sementara itu, manfaat kapulaga untuk memelihara kecantikan, antara lain untuk kecantikan kulit dan rambut:

 

Mencerahkan Kulit - Minyak esensial yang terkandung di dalamnya, mampu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah, dan membantu mencerahkan kulit.

 

Alergi Kulit - Sebagai anti-bekteri dan antiseptik, kapulaga hitam mampu mengurangi alergi yang diderita pada kulit.

 

Melindungi dari Sengatan Matahari - Kandungan minyak esensial-nya mampu meredam sengatan sinar matahari.

 

Melindungi Rambut - Kapulaga hitam mempunyai anti-oksidan yang akan mengembalikan ketebalan, dan menutrisi akar rambut.

 

Anti Ketombe Alami - Bagi yang mempunyai ketombe, kapulaga sangat bagus untuk menghilangkannya, terutama dengan minyaknya.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT