Selasa, 31 Maret 2020Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Herbal
Alpukat, Buah Lezat Kaya Khasiat
Kamis, 27 Februari 2020[158]
Alpukat, Buah Lezat Kaya Khasiat
NET

ALPUKAT merupakan buah yang banyak disukai berbagai kalangan masyarakat. Selain kelezatan daging buahnya, alpukat juga merupakan salahsatu obat herbal yang luar biasa.*

KISUTA.com - Alpukat merupakan buah yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain kelezatan daging buahnya, alpukat juga merupakan salahsatu obat herbal yang luar biasa.

 

Tanaman asli Amerika Tengah ini tumbuh subur di Indonesia. Pohon ini tumbuh dengan batang keras dan tegak. Tingginya bisa mencapai hingga 20 meter. Alpukat (Persea americana) memiliki daun berwarna hijau dan lebar dengan panjang 12 hingga 25 cm. Buahnya cukup besar, berwarna hijau dan kalau sudah matang berubah coklat kehitaman.

 

Yang dimanfaatkan untuk pengobatan dari alpukat yakni buah dan daunnya. Senyawa yang terkandung di dalam buah alpukat adalah betakaroten, klorofil, vitamin B kompleks, saponin, alkaloid, dan tamin. Sementara daun alpukat menganduing polifenol dan quersetin.

 

Buah alpukat banyak mengandung vitamin E alami dan lemak buahnya memiliki antioksidan yang cukup kuat, sedikit gula, namun kandungabn seratnya cukup banyak. Alpukat juga mengandung mineral kalium, tapi rendah natrium.

 

Buah alpukat yang sudah matang, dagingnya lunak dan berlemak. Biasanya, buah ini dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus atau es campur, atau bisa juga dimakan langsung. Manfaat dari buah alpukat, terbukti mampu menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung karena kaya lemak tak jenuh.

 

Kadar asam fosfat dan vitamin E alami alpukat baik untuk penderita hipertensi. Mengonsumsi buah alpukat juga dapat mengendalikan gula darah karena mengandung sedikit kadar gula serta dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

 

Sementara daunnya bisa dimanfaatkan untuk mengobati ginjal, sakit pinggang, hipertensi dan juga disentri. Berikut ramuan untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

 

Mengobati batu ginjal - Ambil 7 lembar daun alpukat segar yang sudah dibersihkan. Rebus dengan dua gelas air hingga tinggal satu gelas. Minumlah rebusan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore.

 

Sakit pinggang - Siapkan 5 helai daun alpukat yang sudah dibersihkan. Rebus dengan dua gelas air hingga tinggal satu gelas. Embunkan air rebusan tersebut semalam. Minumlah keesokan harinya. Lakukan hal ini selama seminggu.

 

Hipertensi - Siapkan 3 lembar daun alpukat segar yang sudah bersih. Seduh dengan segelas air panas. Biarkan sampai dingin, lalu minum sekaligus satu kali sehari.* Ki Suta - kisuta.com


TAG TERKAIT
cermatalpukatherbal