Selasa, 31 Maret 2020Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Ini Pesan WHO untuk Atasi Virus Corona
Rabu, 18 Maret 2020[211]
Ini Pesan WHO untuk Atasi Virus Corona
Salvatore Di Nolfi

DIREKTUR Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus.*  

KISUTA.com - Badan Kesehatan Dunia ( WHO) meminta kepada negara-negara di dunia untuk mempercepat program pengujian guna mengatasi virus corona.

 

"Kami hanya pesan mudah kepada seluruh negara. Uji, uji, uji," kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa.

 

Dilansir Reuters via The Straits Times, Senin (16/3/2020), Tedros mendesak negara di dunia agar tidak memerangi virus corona dalam keadaan buta. Karena itu, dia menerangkan perlunya menggelar tes terhadap orang yang dicurigai mengidap patogen dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu.

 

Pejabat WHO asal Eritrea itu berkata tanpa dilakukan tes, kasus tidak akan bisa ditangani dan rantai infeksi tak bisa diputus.

 

Tedros menuturkan, negara-negara yang sudah mempunyai sistem kesehatan mumpuni kewalahan menghadapi patogen yang pertama terdeteksi di Wuhan, China. Karena itu, dia mengaku sangat mengkhawatirkan dampak virus corona di negara miskin, di mana warganya saja masih didera kekurangan gizi.

 

Dia menerangkan, strategi untuk mengatasi wabah ini dengan menemukan orang yang terinfeksi dan segera mengisolasinya. Tedros berkata, cara tersebut sejauh ini efektif dan menunjukkan hasil positif tak hanya di China. Tetapi juga Korea Selatan dan Singapura.

 

Lebih lanjut, dia mengapresiasi keputusan sejumlah negara di dunia yang menyiapkan dana untuk mencegah virus yang menyebabkan penyakit Covid-19.

 

"Ini bukan sekadar penandaan. Ini adalah semangat dari umat manusia yang kami lihat untuk memerangi virus corona," ujar dia.

 

Paul Molinaro, pejabat WHO yang bertanggung jawab pada logistik, dukungan, dan operasi berujar, "perubahan pola pikir" harus dilakukan terkait kekurangan perlengkapan medis.

 

"Kita harus meningkatkannya secara serius. (Kekurangan) ini harus diatasi dengan level industrialisasi," jelas Molinaro.* das - kisuta.com


TAG TERKAIT
cermatvirus coronawho