Selasa, 31 Maret 2020Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Awas, Jangan Coba-coba Cabuti Bulu Hidungmu
Kamis, 19 Maret 2020[319]
Awas, Jangan Coba-coba Cabuti Bulu Hidungmu
IST.

SETIAP helai bulu hidung mengandung zat membran mukosa yang berguna untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke tubuh. Ketika dicabut, bekas luka akan terjangkit dengan bakteri dan virus yang berakhir pada infeksi pada hidung.*

KISUTA.com - Meskipun mengetahui manfaat bulu bagi kesehatan tubuh, namun banyak orang tak menyukai bulu, sehingga mereka berusaha menghilangkan bulu yang ada di kakinya, tangan, ketiak, dan yang ada di wajahnya.

 

Terkait bulu yang ada di wajah, tak hanya kumis dan janggut saja yang dihilangkan. Ada sebagian orang yang berusaha menghilangkan bulu hidung karena menganggapnya sangat mengganggu. Apalagi kalau panjangnya sudah melebihi rongga hidung, sehingga mengganggu penampilan dan kenyamanan.

 

Dilansir Yahoo Indonesia, dr. Ababil Azhari mengatakan bahwa mencabut bulu hidung mempunyai risiko, karena bisa menimbulkan infeksi. Bekas bulu hidung yang dicabut akan menimbulkan luka di rongga hidung yang menyebabkan infeksi.

 

Ababil menjelaskan, setiap helai bulu hidung mengandung zat membran mukosa yang berguna untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke tubuh. Alhasil, ketika dicabut, bekas luka akan terjangkit dengan bakteri dan virus yang berakhir pada infeksi pada hidung.

 

Selain itu, tambahnya, bisul dapat muncul di bekas luka. Ia menuturkan, efek buruk dari bekas luka tersebut bisa membuat korban sakit kepala hingga sulit tidur. Apabila tidak ditangani secara cepat, tidak tertutup kemungkinan pelaku bisa kena penyakit radang otak.

 

Dokter di RS Permata Jonggol, Bogor, ini mengingatkan juga, jangan sampai fungsi dari bulu hidung menghilang gara-gara dicabut. Justru hal itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan, sebab bulu hidung berfungsi sebagai penyaring debu dan kotoran yang terisap.Tanpa bulu hidung, debu dan kotoran akan langsung terhisap ke paru-paru.

 

Ababil menyarankan, daripada mencabutnya, sebaiknya bulu hidung yang terlalu panjang dipotong saja sehingga terlihat rapi dan tidak mengganggu penampilan.* Ati - kisuta.com