Selasa, 31 Maret 2020Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Awas, Jangan Anggap Enteng Jika Jari Tangan Kesemutan
Minggu, 22 Maret 2020[297]

KISUTA.com - Jangan anggap enteng jika jari-jari Anda mengalami kesemutan atau mati rasa. Bisa jadi itu tanda dari penyakit carpal tunnel syndrome (CTS). Anda mungkin belum pernah mendengar penyakit CTS. Memang penyakit ini kurang terkenal seperti halnya rematik, tapi sesungguhnya penyakit ini banyak dialami pekerja kantoran yang dalam pekerjaannya banyak menggunakan tangan.

 

Dikutip dari Kompas.com beberapa waktu lalu, Dr. Eka Musridharta, Sp.S (K) KIC dari Departemen Neurologi FKUI- Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan bahwa CTS atau biasa disebut sindroma terowongan karpal adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Apabila terkena saraf sensorik, maka hal tersebut akan mengganggu pergerakan dari ketiga jari (ibu jari, telunjuk, tengah, dan manis).

"Penyebabnya repetitive injury. Trauma ringan yang dilakukan selama puluhan tahun, seperti misalnya mengetik dengan teknik yang salah," katanya.

 

CTS paling sering diderita oleh sekretaris, dokter gigi, dan montir yang dalam pekerjaannya sering menggunakan pergelangan tangan. Eka mengatakan bahwa dengan semakin banyaknya pekerja kantoran yang menggunakan komputer sebagai alat kerja, jumlah pasien yang datang ke rumah sakit dengan masalah pada pergelangan tangan juga semakin meningkat.

 

Biasanya penderita CTS mengeluhkan tangannya tidak bisa merasakan apa-apa ketika memegang sesuatu. Permukaan jarinya terasa baal atau mati rasa. Merasa kesemutan dan baal merupakan bentuk dari CTS ringan.

Penderita masih bisa melakukan aktivitas, walaupun kadang-kadang rasa kesemuatan dan baal itu menganggu. Apabila sudah sampai tahap berat, penderita bisa lumpuh dan untuk mengatasinya harus dioperasi. "Operasinya kecil dan risikonya rendah asal dikerjakan oleh tenaga yang ahli," bebernya.

 

Pengobatan dengan obat-obat anti radang yang diminum cukup efektif untuk mengatasi CTS yang ringan. Tapi jika upaya tersebut tidak berhasil, maka pengobatan yang terbaik adalah operasi.

 

Eka menyarankan kepada penderita CTS supaya dapat mencegah agar penyakitnya tidak kambuh. Usahakan segala bentuk aktivitas fisik yang menggunakan pergelangan dilakukan dengan posisi yang ergonomis.* Ki Suta - kisuta.com