Selasa, 31 Maret 2020Tentang Kami|Kontak Kami
CeriaSastra & Humor
HeHeHe...
Terompah Rasulullah
Selasa, 24 Maret 2020[90]

KISUTA.com - Khalifah al-Mahdi sedang mengadakan pertemuan penting dengan para pejabat pemerintahan. Tiba-tiba seorang lelaki muncul membawa sepasang terompah yang dibungkus selembar sapu tangan. Ia menghampiri sang Khalifah.

 

"Amirul Mu'minin, ini terompah Rasulullah SAW aku hadiahkan buat yang mulia," kata lelaki itu sambil menyodorkan benda tersebut.

 

"Bawa ke sini," pinta Khalifah.

 

Setelah menerimanya, Khalifah menyuruh ajudannya supaya memberi uang sebanyak sepuluh ribu dirham kepada lelaki itu yang kemudian mohon diri pulang.

 

Kepada orang-orang yang hadir dalam pertemuan, Khalifah mengatakan:

 

"Kalian pikir aku tidak tahu bahwa Rasulullah SAW tidak pernah melihat terompah seperti ini, apalagi memakainya? Tetapi kalau aku sampai menuduh lelaki tadi berdusta, aku khawatir ia akan bercerita kepada orang banyak: 'Aku menemui Amirul Mu'minin dengan membawa terompah Rasulullah SAW. Tetapi ia mengembalikannya padaku.'

 

"Aku yakin, lebih banyak orang yang akan percaya bualannya itu daripada yang tidak percaya. Sebab, masyarakat awam biasanya cenderung membela dan berpihak kepada orang lemah daripada yang kuat, kendati si lemah yang bersalah. Karena itu, lebih baik aku pura-pura percaya omongannya, aku terima pemberiannya, dan aku berikan imbalan yang memadai. Aku pikir itu lebih amat bijaksana."* das/"Humor Sufi" - kisuta.com