Selasa, 31 Maret 2020Tentang Kami|Kontak Kami
CermatHerbal & Kesehatan
Tips Kesehatan
Awas, Jangan Kucek Matamu!
Rabu, 25 Maret 2020[109]

KISUTA.com - Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan mengucek mata, hati-hati dengan kebiasaan itu, karena bisa berdampak buruk pada mata. Mengucek mata biasanya dilakukan saat mata terasa gatal, kemasukan debu, perih, maupun terasa kering.

 

Namun ada juga orang yang mengucek mata karena kebiasaan, inilah yang harus dihindari. Mata yang perih akan terasa semakin perih jika dikucek dan menyebabkan terjadinya iritasi, biasanya mata menjadi merah. Itu hanyalah salah satu efek samping biasa yang kita temui saat melakukannya.

 

Menurut sebuah situs Science yang dikutip dari Vemale.com, ada sebuah penelitian tentang efek mengucek mata yakni diterbitkan di jurnal Optometry and Vision Science. Efek sampingnya lebih serius dari mata menjadi merah.

 

Saat kelopak mata tersentuh benda asing seperti tangan, hal ini akan membuat mata menerima banyak tekanan. Hal ini sama akibatnya dengan saat mata terkena cahaya silau yang tekanannya bisa 5 sampai 10 kali lebih besar dari pada mata dalam keadaan normal. Dampak tekanan ini juga selain karena mengucek mata juga posisi yoga yakni kepala berada di bawah, berenang terlalu lama, tidur dengan posisi wajah menempel bantal.

 

Tindakan mengucek mata jika sering dilakukan efek jangka panjangnya adalah gangguan mata serius seperti rabun jauh, glaukoma hingga kebutaan. Nah, untuk menjaga kesehatan mata saat kemasukan benda asing sebaiknya diberi tetes mata bukan dikucek dengan tangan. Selain itu pilih posisi tidur telentang agar mata tidak menerima banyak tekanan saat tidur, karena tidur adalah salah satu metode mengistirahatkan mata.* Uma - kisuta.com